Date:

Share:

KML Bekali Peserta Keterampilan dalam Berpramuka

Related Articles

GONTOR–Untuk yang ke sekian kalinya, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang bertempat di Bumi Perkemahan Gontor 2. Kegiatan yang dilaksanakan mulai Jum’at s.d. Kamis (13-19/1) ini, bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan pembina pramuka dalam mengasuh peserta didik di masing-masing gugus depan.

Selaras dengan tujuan tersebut, panitiapun mengusung tema “KML Membentuk Kader-kader Pemimpin Bangsa”. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kursus berbentuk pendidikan formal ini dibagi ke dalam tiga babak, yaitu Babak Penghantar, Inti, dan Pelengkap.

Betapa pentingnya kegiatan kepramukaan ini, mengingat wujudnya sebagai wadah untuk membentuk para pemuda Indonesia hidup mandiri, bermental kuat, berakhlak mulia, dan berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Peserta didik KML periode ini berjumlah 306 orang, termasuk di antaranya 7 orang guru KMI yang turut menjadi peserta. Jumlah tersebut dibagi menjadi 7 unit, dan tiap-tiap unit dibagi lagi menjadi 5 kelompok. Adapun metode yang digunakan meliputi metode Ceramah, Diskusi, Penugasan, Studi Kasus, Berganti Pangkalan, Peragaan, Demonstrasi, Widya Wisata, Pengabdian Masyarakat, dan Simulasi. b.Dasasta

Popular Articles