Date:

Share:

KML 2018: Mencetak Kader-Kader Pemimpin Pramuka

Related Articles

Darussalam-Hari itu, Sabtu (22/12) jalan menuju Bumi Perkemahan PMDG Kampus 2 penuh dengan warna coklat Pramuka. Ya, di sana terdapat 365 adika peserta KML 2018 yang berkelompok sedang berjalan menyusuri rute sembari melewati rintangan di pos-pos Pembimbing KML. Mereka terbagi dalam 6 cluster, dan setiap kluster terdiri dari 6-7 laskar, setiap laskar beranggotakan 8-10 adika.

Acara KML ini dibuka secara resmi pada hari Jum’at siang (21/12) bertempat di Gedung Olahraga (GOR). Dalam sambutannya, Pusdiklatcab Ponorogo memberikan arahan tentang tujuan dan kenapa penting mengikuti KML. Salah satunya adalah untuk menjadi pembina mahir dan pemimpin gudep Pramuka wajib memiliki kualifikasi lulusan KML.

Di Pondok Gontor diberikan kemudahan dalam mengikuti KML ini. Karena di luar Pondok, KML diperuntukkan kepada adika yang sudah lebih dari 25 tahun. Namun karena di Gontor santri-santrinya datang dari pelbagai daerah–menjadi kader untuk daerahnya dalam memajukan Pramuka–maka diperbolehkan. Acara ini berlangsung selama seminggu penuh, mulai dari Jum’at (21/12) sampai penutupan di hari Kamis (27/12).

Ditutup dengan upacara di lapangan PMDG Kampus 2, upacara tersebut terdiri dari penyematan pita mahir oleh pelatih dan dilanjutkan dengan Api Unggun serta penampilan dari peserta. AaRum

Popular Articles