Date:

Share:

KMI Kampus Gontor Adakan Ulangan Umum Semester Kedua 1438/1439

Related Articles

GONTOR – Sabtu (27/1) pagi, Kulliyatu-l-mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Pusat mulai mengadakan Ulangan Umum Semester Kedua Tahun Ajaran 1438/1439.

Kegiatan yang diselenggarakan bagi seluruh santri kelas 1-5 ini dilaksanakan sesuai dengan program pendidikan KMI Pondok Modern Gontor. Seringkali penyelenggaraan ulangan umum ini disebut juga dengan sebutan dalam bahasa Arab yaitu Muraja’atu-l-‘ammah. Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih lima hari, mulai dari hari Sabtu (27/1) s/d Rabu (31/1) yang bertempat di ruang-ruang kelas yang telah disediakan oleh Panitia Ulangan Umum.

Muraja’ah kali ini dilaksanakan sama seperti semester-semester sebelumnya yaitu setiap harinya seluruh santri mengerjakan ujian mereka pada tiga mata pelajaran, dan melaksanakannya di kelas masing-masing dengan pengawas dari wali kelas tersebut dan satu tambahan guru pengawas lainnya.

Seluruh rangkaian kegiatan Ulangan Umum Semester Kedua ini menjadi ajang evaluasi pembelajaran peserta didik selama setengah semester, baik bagi guru maupun siswa, diharapkan dengan dilaksanakannya ulangan umum, evaluasi untuk perbaikan layanan pendidikan semakin terukur. Juga untuk menumbuhkan sikap kejujuran peserta didik dalam menjawab soal-soal ujian, jangan sampai karena ingin mendapatkan nilai yang bagus, para siswa mencontek dengan teman sebangkunya. Sungguh itu adalah perbuatan yang sangat tidak baik.

Terkhusus bagi seluruh siswa akhir KMI. Ulangan umum kali ini menjadi ajang atau kesempatan untuk persiapan tambahan bagi mereka sebelum menghadapi ujian tulis siswa akhir KMI gelombang kedua yang hanya tinggal meghitung hari. Maka tidak salah, waktu ini dikhususkan bagi mereka untuk mengerjakan serta membahas beberapa mata pelajaran yang akan diujikan nantinya atau yang terkait dengan praktek Tarbiyah Amaliyah.

(biibmufassir)

Popular Articles