Date:

Share:

KMD Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka

Related Articles

DARUSSALAM — Gerakan kepramukaan di Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan salah satu aktivitas yang mendidik jiwa kepemimpinan santri. Untuk meningkatkan kualitas pembina pramuka, Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori) Pondok Modern Darussalam Gontor secara rutin menyelenggarakan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD). Kali ini, acara yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pondok Modern Darussalam Gontor 2, Madusari, Siman, Ponorogo, ini diadakan selama lima hari, Selasa-Sabtu, 9-13 November 2010.

Sesuai dengan tujuannya, KMD tahun ini mengusung tema “Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Membentuk Karakter Pemimpin Islam Masa Depan”. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, kemampuan para pembina yang merupakan siswa kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah tersebut dalam mendidik santri semakin meningkat. Kegiatan ini pula yang membekali setiap siswa kelas 5 untuk tampil percaya diri sebagai pembina pramuka, baik ketika masih di Gontor maupun pada saat berjuang di masyarakat kelak.

Setelah mengikuti beberapa sesi materi pra-KMD selama sehari di Gontor, para peserta mengikuti acara pelepasan ke bumi perkemahan, Rabu (10/11) pagi. Peserta yang berjumlah 809 orang siswa tersebut terdiri dari siswa kelas 5 KMI Gontor 1 sebanyak 698 orang, siswa kelas 5 KMI Gontor 6 berjumlah 98 orang dan siswa kelas 6 dari Gontor 10 sebanyak 13 orang. mereka dilepas secara oleh Pimpinan Pondok, KH. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag. di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

KMD tahun ini diketuai Ahmad Haikal Hasbi, siswa kelas 6-C, dan Lorenzia Rezael Sanjaya dari kelas 6-G. Adapun para pelatih yang berperan dalam KMD tahun ini berjumlah 12 orang. Mereka merupakan pembina senior yang aktif dalam gerakan kepramukaan di Ponorogo. Panitia juga didampingi sejumlah full-timer yang berasal dari para asatidz Pondok Modern Darussalam Gontor.

Popular Articles