Date:

Share:

KMD Gontor: Sarana Penanaman Jiwa Leadership Santri

Related Articles

MADUSARI-Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan sarana penanaman jiwa leadership santri, khusunya santri kelas 5 KMI yang notabene sebagai pembina pramuka di pondok ini. dilaksanakannya acara KMD ini juga untuk mematangkan santri kelas 5 dalam mengajar anak didik saat kegiatan kepramukaan. Tentunya, kursus ini menjadi bekal utama bagi pembina pramuka dalam mengimplementasikan ilmunya kepada anak didik.

Suasana peserta KMD saat materi berlangsung.
Suasana peserta KMD saat materi berlangsung.

Acara yang berlokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 ini dilaksanakan selama 7 hari. Dimulai dari hari Senin (22/8) s.d Ahad (28/8) dengan pelaksanaan efektif selama 72 jam pelajaran. Ada beberapa metode yang digunakan dalam kursus ini yaitu: Ceramah, Diskusi, Curah Gagasan, Problem Solving, Penugasan dan kerja kelompok, Studi Kasus, Berganti pangkalan, Peragaan, Widya Wisata, Pengabdian Masyarakat, dll. Semua materi tersebut dikemas secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina yang bermutu.

KMD tahun ini diikuti kurang lebih 685 santri kelas 5 KMI dan terdiri dari 12 unit, setiap unit dipimpin oleh seorang pimpinan kursus (dari pelatih) dan dibantu oleh beberapa orang staf Koordinator Gerakan Pramuka. Pelatih dalam kursus ini yaitu: Lulusan Kursus Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL), Kwarcab Ponorogo, Lulusan Kursus Pelatih Dasar (KPD) Kwarcab Ponorogo, Asisten pelatih yaitu: para Pembina lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Kwarcab Ponorogo.

Di akhir kegiatan ini, para peserta KMD juga akan mendapatkan penilaian dari dewan pelatih dan pembimbing sebagai ukuran kualitas mereka dalam skill kepramukaan. Berikut kriteria penilaian peserta: Ibadah, Moral dan sikap pribadi, Kepemimpinan dan keteladanan, Hubungan (Relationship), Penguasaan dan cara melaksanakan materi, Usaha meningkatkan kemahiran, Disiplin, dan Hasil dari Free Test, Midle Test dan Post Test.*Aff

Popular Articles