Date:

Share:

KMD, Ajang Pembentukan Karakter Pemimpin

Related Articles

MADUSARI–Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa kelas 5 Kulliyatu-l Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI) yang tahun ini berjumlah 862 orang dari kelas 5 dan 10 orang dari kelas 6 KMI. KMD tahun ini mengusung tema “membentuk karakter pejuang pemimpin Islam masa depan” dan bermotokan “Bekali diri, Mencetak Pramuka Sejati”. Adapun pemateri pada KMD tahun ini adalah kakak-kakak pelatih dari guru senior dan Kwarcab Ponorogo.

Acara yang berlokasi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 ini dilaksanakan selama 7 hari. Dimulai dari hari Rabu (22/8) s.d Selasa (28/8). Ada beberapa metode yang digunakan dalam kursus ini yaitu: Ceramah, Diskusi, Curah Gagasan, Problem Solving, Penugasan dan kerja kelompok, Studi Kasus, Berganti pangkalan, Peragaan, Widya Wisata, Pengabdian Masyarakat, dll. Semua materi tersebut dikemas secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina yang bermutu.

Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan sarana pembentukan karakter pemimpin santri, khusunya santri kelas 5 KMI yang notabene sebagai pembina pramuka di pondok ini.  Dilaksanakannya acara KMD ini juga untuk mematangkan santri kelas 5 dalam mengajar anak didik saat kegiatan kepramukaan. Tentunya, kursus ini menjadi bekal utama bagi pembina pramuka dalam mengimplementasikan ilmunya kepada anak didik.

Di akhir kegiatan ini, para peserta KMD juga akan mendapatkan penilaian dari dewan pelatih dan pembimbing sebagai ukuran kualitas mereka dalam skill kepramukaan. Berikut kriteria penilaian peserta: Ibadah, Moral dan sikap pribadi, Kepemimpinan dan keteladanan, Hubungan (Relationship), Penguasaan dan cara melaksanakan materi, Usaha meningkatkan kemahiran, Disiplin, dan Hasil dari Free Test, Midle Test dan Post Test.

Kegiatan ini ditutup secara resmi dengan pembacaan laporan oleh panitia dan pelepasan tanda peserta oleh Bapak Wakil Pengasuh PMDG Kampus 2. Di akhir acara, beliau berpesan agar para peserta dapat menjadi pembina-pembina yang dapat menciptakan berbagai macam kegiatan yang baik di gugus depannya masing-masing. Ahsy

IMG_1295

Popular Articles