Date:

Share:

KMD, Ajang Pembentukan Kader Pembina Pramuka

Related Articles

MANTINGAN – Kursus Mahir Tingkat Dasar merupakan sarana pembentukan kader-kader pramuka muslimah yang berjiwa dan berpegang teguh pada nilai dan sunnah Gontor.

Salah satu sesi penyampaian materi dalam KMD di Gontor Putri 1.
Salah satu sesi penyampaian materi dalam KMD di Gontor Putri 1.

Kursus ini berlangsung dari tanggal 23-28 September 2014 di Bumi Perkemahan Gontor Putri 1 dengan peserta kursus seluruh anggota kelas 5 Gontor Putri 1 dan 2 sejumlah 676 santri yang dibagi menjadi 15 Unit.

Pendekatan yang dilakukan dalam rangka pembekalan Pembina sedikit berbeda dengan tahun lalu, yang diantaranya dalam bidang materi. Di samping materi pokok yang berjumlah 65 materi, 83 jam, juga disampaikan materi-materi pelengkap yaitu kepemimpinan dan keputrian atau keterampilan nisaiyyah.

Untuk mempermudah pelaksanaan penilaian terhadap peserta kursus ini, disusunlah tim penilai terpadu yang terdiri dari pinsus, pelatih, asisten pinsus dan team giat operasional. Dari kursus ini diharapkan bisa menjadi kegiatan pembinaan kader-kader muslimah yang memiliki potensi kepribadian, berwatak religius, pemimpin, humanis/sosial, dedikatif, berdisiplin tinggi, memiliki etos kerja dan kesungguhan, berakhlaq, serta suka keterampilan keputrian dan membina. pusdatGP1

Popular Articles