Date:

Share:

Kiai Syamsul: Fathul Kutub Perluas Wawasan Keilmuan Agama Santriwati Pondok Modern

Related Articles

WIDODAREN-Pondok Modern Gontor selalu berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan intelektualitas santri-santrinya, dan diantara tujuan institusional Kulliyatu-l-Muallimin Al-Islamiyah (KMI) adalah menjunjung tinggi dan mengenalkan ajaran Islam. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan diadakannya Fathul Kutub yang memang sudah menjadi kewajiban untuk diikuti oleh seluruh Siswa Kelas 5 dan 6 di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus Putra maupun Putri.

Pada hari Sabtu (22/9) pagi, Bapak Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan, berkesempatan hadir untuk membuka secara resmi kegiatan Fathul Kutub Siswi Kelas 6 di PMDG Putri Kampus 3, Widodaren, Mantingan. Dalam sambutannya, Kiai Syamsul menjelaskan secara singkat tentang sejarah pelaksanaan kegiatan Fathul Kutub, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini dahulu dibimbing langsung oleh K.H. Imam Zarkasyi dan hanya dalam lingkup satu ruangan kelas saja. Beliau juga menegaskan bahwa media pembelajaran kitab kuning di Gontor adalah melalui kegiatan Fathul Kutub, ini juga merupakan jawaban atas beberapa pertanyaan dan dikarenakan banyaknya yang berpendapat bahwa Gontor tidak mengajarkan santrinya membuka kitab kuning.

Pada kegiatan Fathul Kutub kali ini, seluruh santriwati akan diajarkan keterampilan dasar dalam mempelajari buku-buku islami klasik. Pada awalnya, santriwati akan dibagi menjadi sekian kelompok yang terdiri dari 9 hingga 10 orang dengan ditemani oleh seorang Ustadzah pembimbing, setiap orang akan mendapat giliran untuk menyelesaikan sebuah pembahasan solusi dari pokok permasalahan yang sudah ditentukan oleh panitia, kemudian untuk mencari solusi dari masalah tersebut, mereka dituntut untuk membuka, membaca, dan memahami beberapa buku klasik yang sudah tersedia, serta mengambil kesimpulan penyelesaian masalah tersebut daripadanya, kemudian hasil penyelesaian tersebut dipresentasikan di depan kelompoknya, yang pada akhir presentasi akan kembali diperjelas oleh Ustadzah pembimbing apa pembahasan yang benar dari pokok permasalahan tersebut, dengan cara demikian, santriwati mampu menjelajahi ilmu pengetahuan agama secara dalam dari buku-buku islami klasik.

Seusai membuka acara Fathul Kutub, Kiai Syamsul menyempatkan diri meninjau pembangunan dan  perbaikan pergedungan, seperti halnya asrama dan kelas-kelas, dengan ditemani oleh Wakil Pengasuh PMDG Putri Kampus 3, Al-Ustadz H. Suwarno. TM, S.Ag, bersama guru-guru kader lainnya.habibur_hmz

Popular Articles