Date:

Share:

Kiai Syamsul: Fathul Kutub adalah Wadah untuk Membangun Miniatur Ulama Intelektual

Related Articles

GONTOR – Pada hari Rabu (26/12), K.H. Syamsul Hadi Abdan hadir dalam penutupan acara Fathul Kutub Siswa Kelas 5, yang juga pada minggu sebelumnya beliau yang membuka secara resmi kegiatan tersebut. Beliau hadir bersama Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. dan salah satu wakilnya, Al-Ustadz H. Farid Sulistyo, Lc. bersama para asatidz pembimbing kegiatan Fathul Kutub.

Acara penutupan ini dibagi menjadi dua sesi: sesi penulisan kesan-kesan (al-Inthiba‘at) selama mengikuti kegiatan tersebut dan sesi penutupan secara resmi kegiatan Fathul Kutub oleh Bapak Pimpinan Pondok. Pada sesi yang pertama, seluruh siswa diwajibkan untuk menuliskan kesan mereka menggunakan bahasa Arab dengan harakat sempurna. Kemudian setelah jam istirahat pertama sebelum beranjak pada sesi selanjutnya, Bapak Direktur menguji beberapa siswa untuk maju dan membacakan kesan-kesannya. Beberapa mendapat pujian dan beberapa juga langsung mendapat perbaikan, namun secara keseluruhan beliau bangga dengan kemampuan tata bahasa Arab yang dimiliki siswa Kelas 5 tahun ini.

Sesi kedua dimulai tepat pada pukul 09.30 WIB, dengan agenda pesan dan nasehat yang disampaikan oleh Pimpinan Pondok sekaligus menutup secara resmi seluruh rentetan kegiatan Fathul Kutub kelas 5 tahun ini. “Jangan sampai terlewat dan agar selalu kalian ingat! Bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sangat mulia, agar kamu dapat membaca dan memahami ilmu yang tertulis dalam kitab yang berbahasa Arab gundul tanpa harakat (Kitab Kuning), kemudian agar kamu dapat mengetahui inilah warisan ilmu pengetahuan yang ditinggalkan oleh para Ulama terdahulu sebagai suatu hal yang tak ternilai harga nya, dan yang terakhir ini adalah merupakan wadah untuk mempraktekkan sudah sampai dimana kemampuan berbahasa kalian, maka beruntunglah bagi siswa yang mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dan sungguh-sungguh, karena Fathul Kutub inilah yang merupakan sebuah wadah untuk membangun miniatur Ulama intelektual” jelas Kiai Syamsul dalam nasihatnya.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan Fathul Kutub kali ini diselenggarakan sejak hari Rabu (19/12) sampai dengan hari Rabu (26/12) berikutnya, dengan melibatkan seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 623 siswa dari kelas 5 B sampai dengan kelas 5 R, dan terbagi dalam 41 kelompok diskusi. habibur_hmz

Popular Articles