Date:

Share:

Kiai Syamsul Buka Kegiatan Belajar Malam Keliling

Related Articles

GONTOR- Sabtu malam (22/10), Pimpinan Pondok K.H. Syamsul Hadi Abdan membuka “kegiatan belajar malam keliling” di depan Aula BPPM Gontor bersama seluruh Guru KMI. Berbeda dengan rutinitas harian pondok biasanya, Sabtu malam lalu seluruh santri belajar di berbagai tempat disekitar pondok, dimulai dari Masjid Jami’, Aula BPPM, Masjid Pusaka, Asrama, dsb.

Belajar malam merupakan salah satu bagian penting dari sistem pendidikan dan pengajaran di Gontor. Bertumpu pada sistem totalitas pendidikan yang dianut sejak berdirinya pada 91 tahun silam, Pondok Modern Darussalam Gontor tidak hanya mengutamakan proses pendidikan dan pengajaran di dalam ruang kelas. Akan tetapi, sistem pendidikan ini berjalan selama 24 jam bagi seluruh santri. Sehingga, apapun yang mereka lihat dan saksikan, yang mereka dengar, yang mereka rasakan, dan yang mereka kerjakan dari bangun tidur hingga waktu malam tiba untuk kembali beristirahat, tidak terlepas dari nilai-nilai pendidikan.

Dalam kegiatan belajar malam keliling, walaupun para santri belajar di berbagai tempat, mereka tetap mendapatkan pengawalan dan bimbingan dari para asatidz pembimbing. Sebagian  diantara mereka bertanya akan pelajaran yang belum dimengerti, sebagian yang lain menyetorkan hafalan yang telah mereka hafalkan.

bSuasana dan miliu terasa lebih nyaman dibandingkan dengan waktu belajar di kelas, karena para santri akan menikmati cara belajar masing-masing dengan waktu yang cukup panjang. Tidak hanya itu, aktivitas belajar malam ini dapat membangun kebersamaan di antara satu sama lain. Dengan ini, mereka akan belajar lebih giat untuk meraih nilai terbaik. Rakafadel

Popular Articles