Date:

Share:

Kiai Syamsul buka Fathul Kutub PMDG Kampus 6 Magelang

Related Articles

MAGELANG–PMDG Kampus 6, Magelang mengadakan salah satu rutinitas tahunannya, yaitu Fathul Kutub untuk siswa kelas 5 Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). Agenda yang dibuka secara langsung oleh K.H. Syamsul Hadi Abdan tersebut, akan berlangsung selama kurang lebih 5 hari, bermula dari hari Sabtu-Rabu (3-7/2).

Dalam sambutannya, Kiai Syamsul menjelaskan secara singkat sejarah pelaksanaan kegiatan Fathul Kutub. Beliau juga menegaskan bahwa Fathul Kutub adalah salah satu media pembelajaran kitab kuning di Gontor. Ini juga merupakan jawaban atas banyaknya pendapat bahwa Gontor tidak mengajarkan santrinya membaca kitab kuning.

Fathul Kutub Darul Qiyam 2“Hakikat santri Pondok Pesantren adalah belajar kitab kuning, yang mana di dalamnya terdapat sumber-sumber ilmu yang selama ini kita pelajari secara ringkas di Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah, dan acara Fathul Kutub (kelas 5) ini bertujuan melihat kadar kemampuan santri dalam ilmu bahasa, terutama dalam ilmu Nahwu dan Shorf.” tutur K.H. Syamsul Hadi Abdan dalam sambutan beliau.

Selain membuka Fathul Kutub, Kiai Syamsul juga menyempatkan diri meninjau pembangunan dan pergedungan di sana, seperti: asrama, kelas-kelas dan masjid.Muis

Popular Articles