Date:

Share:

Kiai Syamsul Buka Fathul Kutub Gontor Putri Kampus 3 secara Resmi

Related Articles

WIDODAREN-Rentetan kegiatan Fathul Kutub Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 resmi dibuka (4/10). Kegiatan akademik tersebut dibuka secara langsung oleh Pimpinan Pondok, K.H. Syamsul Hadi Abdan pagi hari pukul 07.45 WIB. Dengan jumlah peserta sebanyak 200 siswi akhir KMI, kegiatan tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 5 hari.

Dalam sambutannya Kiai Syamsul menjelaskan secara singkat tentang sejarah pelaksanaan kegiatan Fathul Kutub, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini dulu dibimbing langsung oleh K.H. Imam Zarkasyi. Beliau juga menegaskan bahwa media pembelajaran kitab kuning di Gontor adalah melalui Fathul Kutub, ini juga merupakan jawaban dikarenakan banyak yang berpendapat bahwa Gontor tidak mengajarkan santrinya membuka kitab kuning.

Santriwati akan diajarkan keterampilan dasar dalam mempelajari buku-buku islami klasik di dalam Fahtul Kutub, mulanya santriwati akan dibagi menjadi sekian kelompok yang terdiri dari 9 hingga 10 orang, setiap orang akan mendapat giliran untuk menyelesaikan sebuah pembahasan solusi dari pokok masalah yang sudah ditentukan, kemudian untuk mencari solusi dari masalah tersebut, santriwati dituntut untuk membuka, membaca, dan memahami beberapa buku klasik yang sudah tersedia, serta mengambil kesimpulan penyelesaian masalah tersebut daripadanya, kemudian hasil penyelesaian tersebut dipresentasikan di depan kelompoknya, dengan cara demikian, santriwati mampu menjelajahi ilmu pengetahuan secara dalam dari buku-buku islami klasik.

Selain membuka Fathul Kutub, Kiai Syamsul juga meninjau calon lokasi pembangunan jalan akses baru menuju Kampus Putri 3, di sana bersama segenap guru senior, beliau juga menyempatkan diri untuk memanjatkan do’a demi kelancaran proyek tersebut. sand88

Popular Articles