Date:

Share:

Kiai Syamsul Buka Fathul Kutub PMDG Kampus 5

Related Articles

ROGOJAMPI–Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan membuka agenda Fathul Kutub Siswa Akhir KMI PMDG Kampus 5, Banyuwangi. Acara yang dibuka pada Sabtu pagi (15/9) tersebut diikuti oleh 210 orang siswa kelas 6 KMI, bertempat di Auditorium PMDG Kampus 5.

Acara pembukaan tersebut diawali dengan sambutan singkat dari Wakil Pengasuh PMDG Kampus 5, H. M. Syuja’I, S.Ag., dilanjutkan dengan pesan dan nasihat dari Kiai Syamsul.

Dalam nasihatnya, Kiai Syamsul menekankan bahwa pengajaran kitab-kitab kuning di Gontor itu ada dan diperbolehkan pada waktunya (ketika fathul Kutub), hal ini menentang fakta sebaliknya yang sempat dipermasalahkan pada waktu silam.

Pembelajaran kitab kuning di Gontor berbeda dengan pembelajaran kitab kuning di lembaga pendidikan salaf. Perbedaan tersebut tampak dari metode pembahasannya, kalau metode lama biasanya menggunakan cara sorogan terhadap kitab-kitab tertentu, sedangkan di Gontor pembelajaran dilakukan dengan pemberian masalah/bahasan seputar fikih yang dimana seorang santri harus mencari penyelesaiannya dalam kitab-kitab kuning yang disediakan, setlah itu didiskusikan bersama dengan kelompoknya di bawah bimbingan 2 orang guru KMI.Selain ituKiai Syamsul juga menyampaikan bahwa syarat bagi seorang santri untuk bisa membuka dan memahami kitab-kitab kuning tersebut adalah penguasaan terhadap Nahwu dan Shorf yang baik. Semakin baik penguasaan kedua ilmu tersebut, semakin mudah seorang santri dalam memahami kitab-kitab kuning. Sand88

Popular Articles