Date:

Share:

Kiai Hasan: Shihhah Qabla Saqam. Sehat Itu Mahal!

Related Articles

“Sehat itu mahal. Hematlah pada kesehatan, supaya sehat kita bisa digunakan untuk amal shalih. Ingat, Ightanim khamsan qabla khamsin. (Salah satunya) Shihhah qabla saqam.” Tutur K.H. Hasan Abdullah Sahal, ketika meresmikan pusat fitness untuk para guru KMI yang berada di salah satu ruangan di Darussalam Gontor Stadium (DGS).

 

Pagi itu, Jum’at (26/02/2021), warga Darussalam disibukkan dengan dua kegiatan besar. Setelah usai mengadakan upacara penutupan kegiatan bahasa, acara dilanjutkan dengan senam bersama seluruh keluarga besar PMDG. Para siswa kelas 1-5 KMI mengadakan senam bersama di Lapangan Hijau PMDG, sedangkan siswa kelas 6 KMI mengadakannya di Lapangan Parkir Gedung Satelit. Adapun seluruh dewan guru KMI, dari yang junior hingga senior, mengikuti senam bersama yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan PMDG di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Semuanya serentak mengadakan senam bersama, dengan tujuan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar meskipun di masa pandemi seperti ini. Sebagaimana pesan yang sering disampaikan oleh Kiai Hasan, ‘Meningkatkan Iman dan Imun’. Tidak hanya memperkuat keimanan kepada Allah SWT saja, namun juga didukung dengan fisik yang sehat dan terhindar dari penyakit.

 

Senam yang diadakan serentak pada pagi hari itu menggunakan “Senam Gontor”, yaitu senam yang merupakan hasil karya para santri sendiri. Lagu-lagunya pun diambil dari beragam lagu ciptaan para santri, yang diaransemen dengan apik sehingga menjadi satu paket instrumen yang mengiringi senam dengan rancak dan semangat.

 

Setelah selesai mengadakan senam dan dilanjutkan perfotoan bersama dewan guru KMI, Kiai Hasan ditemani Drs. K.H. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed. segera bertolak ke Darussalam Gontor Stadium (DGS) untuk meresmikan Darussalam Fitness Center. Di sana, terdapat beraneka ragam peralatan fitness yang diperuntukkan bagi para guru KMI yang menghajatkan untuk melakukan indoor exercise, sehingga tidak perlu mencari fitness center di luar lingkungan pondok. Beliau berdua pun sempat mencoba menggunakan beberapa peralatan yang ada di sana.

 

Tidak lupa, setelah meresmikan pusat fitness tersebut, beliau berdua menyempatkan untuk melihat-lihat kondisi lapangan di dalam stadion yang saat ini sedang dalam proses pembangunan tribun tambahan untuk para penonton. Tahap pembangunan sudah mencapai 80%, sehingga dekat ini tribun tersebut akan selesai dibangun dan bisa segera digunakan.

 

Kiai Hasan sangat antusias dalam memaksimalkan fasilitas berolahraga untuk para santri maupun guru. Harapan beliau adalah dengan segala fasilitas yang ada dapat memberikan porsi yang cukup untuk para santri dan guru dalam berolahraga, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari penyakit. Menjadi ‘al-mu’min al-qowiy’ (mukmin yang kuat), karena mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. “Qalbun salim, ‘aqlun salim, jismun salim, fahmun salim, diinun salim, kemudian menjadi kalamun salim dan ‘amalun salim.” Begitulah bunyi poin lain yang seringkali beliau sampaikan usai mengadakan senam bersama, yang berisikan pesan bahwa dengan jismun salim (badan yang sehat) dibantu dengan qalbun salim (hati yang sehat) dan ‘aqlun salim (akal yang sehat), dapat menuntun seorang muslim menuju fahmun salim (pemahaman yang sehat) kemudian diinun salim (agama yang sehat), sehingga berangkat dari sana akan menjadikan kalamun salim (perkataan yang baik) dan ‘amalun salim (perbuatan yang baik).zahrulmuhsinin

 

 

Related Articles:

Wujudkan Santri Sehat, Gontor Adakan Senam Sehat

Jum’at sehat: Jalan santai Bersama Pimpinan Pondok

Senam Antarrayon: Ajari Santri Hidup Sehat

Popular Articles