Date:

Share:

Kiai Hasan Hadiri Wisuda PP Rafah, Bogor Angkatan ke-14

Related Articles

PP Rafah 2Bogor-Ahad (22/4) K.H Hasan Abdullah Sahal Hadir dalam Wisuda Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Rafah. Pondok yang dipimpin oleh salah satu anggota Badan Wakaf PMDG ini, yaitu K.H. Muhammad Nasir Zein, M.A. mewisuda 40 orang santri yang tergabung dalam angkatan ke-16. Dari 40 wisudawan, PP. Rafah menelurkan hafidz 30 juz sebanyak 4 orang, dan sisanya hafalan mereka variatif dari 2-5 Juz.

Wisuda ini juga dihadiri para tokoh setempat, para habaib, alim ulama, dan wali-wali santri yang diwisuda. Setelah prosesi Wisuda, Kiai Hasan memberikan tausiyah. Beliau menerangkan tentang surga dunia ada di pondok pesatren, “di sini ini surga, guru ikhlas, santri juga ikhlas, kiai ikhlas, wali santri juga ikhlas, indah. Dengan demikian pondok maju, kalau ikhlasnya angin-anginan susah majunya.”

“di Pondok pesantren ada amanat, ketika amanat dijalankan maka akan muncul tsiqoh (kepercayaan), lalu datanglah tho’at (kepatuhan). Ini yang menjiwai berjalannya pendidikan di Ponpes. Setelah itu baru datang barokah.” Di Indonesia, lanjut Kiai Hasan, banyak lembaga pendidikan yang kehilangan keteladanan sehingga tidak ada yang bisa dicontoh/ditiru.

“Hormati gurumu, yang mengajarimu, yang mendidikmu agar menjadi orang yang terhormat dan berharga walaupun tidak minta dihormati dan dihargai.” Pesan beliau. Sekarang ini banyak orang yang dihormati tapi tidak terhormat, dihargai tapi tidak berharga, tambah kiai Hasan. Di akhir acara Kiai Hasan bertemu dengan pimpinan-pimpinan pesantren sekitar Bogor yang hadir juga dalam wisuda ini, beramah tamah di kediaman kiai Nasir, lalu kembali ke Jakarta untuk pulang ke Gontor. AaRum

Popular Articles