Date:

Share:

Kiai Hasan Isi Kajian Ahad Pagi di Masjid Imam Syuhodo, Sukoharjo

Related Articles

Sukoharjo–Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berdzikir kepada Allah dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan oleh malaikat kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah SWT telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan-keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan.” (HR. Ath-Thabrani).

Ahad pagi (26/8), Majelis Tabligh Muhammadiyah Cabang Blimbing, Sukoharjo menyelenggarakan kajian rutin Ahad Pagi yang bertempat di Masjid Pondok Pesantren Imam Syuhodo. Pada kajian kali ini, panitia mengundang Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) K.H. Hasan Abdullah Sahal untuk sedianya memberikan tausyiah kepada jama’ah masjid dengan tema “Peran Pondok Pesantren dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia”. Kiai Hasan yang baru saja menghadiri acara Peringatan 10 Tahun Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Magetan (ISS PSM) sehari sebelumnya, usai acara langsung bertolak menuju Sukoharjo.

Sesampainya di tempat acara, sekitar pukul 07.30, kiai Hasan langsung memulai tausyiahnya dengan tahmid dan tahniah kepada seluruh jama’ah masjid yang jumlahnya kurang lebih sebanyak 2.000 jam’ah yang terdiri dari, santri/santriwati dan guru PP. Imam Syuhodo, warga sekitar, dan beberapa anggota TNI dan IKPM Gontor Cabang Solo. Pada tausyiahnya beliau banyak menyampaikan tentang arti dari penjajahan dan kemerdekaan, beliau berkata, “Negara merdeka, Bangsa merdeka, Undang-undang merdeka, Ekonomi merdeka, Politik merdeka, semuanya merdeka, itulah yang harus kita perjuangkan dan kita pertahankan untuk mengisi kemerdekaan. Indonesia sekarang ini masih dijajah, sampai kapanpun akan dijajah sampai rakyatnya benar-benar cerdas. Penjajah itu tidak ada yang menginginkan jajahannya itu cerdas, karena jika mereka cerdas pasti akan memberontak, dan rakyat Indonesia akan cerdas jika dipimpin oleh pemimpin yang cerdas.”

Selepas tausiyah, acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama keluarga pondok, dan ditutup dengan sesi perfotoan bersama. Acara berlangsung dengan khidmat hingga rentetan acara Kajian Ahad Pagi selesai dilaksanakan. rukh

Popular Articles