Date:

Share:

Kiai Hasan Hadiri Launching Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I)

Related Articles

Jakarta- K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) hadiri launching Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I) Ahad (7/1) di Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami . P2I ini adalah organisasi yang didirikan oleh para praktisi pesantren yang terlibat langsung sebagai pengasuh pondok pesantren.

Sejarahnya, dulu dalam perkumpulan beberapa pimpinan/pengasuh pesantren pada 24 Oktober 2015 di PP Nurul Bayan Lombok Utara, mulai bergulir perlunya perhimpunan yang menyatukan para pengasuh pondok pesantren. Ide pembentukan perhimpunan ini muncul dalam diskusi beberapa pimpinan pesantren di Indonesia. Sebagai tindak lanjut ide tersebut pada pertemuan beberapa pengasuh pesantren tanggal 28 November 2015 bertempat di PP Darunnajah Jakarta dan ditindaklanjuti dengan rapat pada tanggal 4 Maret 2016 di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash, didirikanlah Organisasi Pengasuh Pesantren Indonesia dengan nama Pengasuh Pesantren Indonesia disingkat P2I.

Kiai Hasan, sapaan akrab beliau, menjadi pembicara setelah pelantikan anggota P2I oleh Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin. Sebagai seorang senior pengasuh pondok, beliau diberi amanat untuk menjelaskan apa dan bagaimana harapan pondok pesantren (Ponpes) ke depannya. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa Ponpes dibangun dengan 3 unsur: Keislaman, keilmuan, dan kemasyarakatan.

“Selama kita membina husnu dzon, dunia ini akan terbuka, tapi kalau kita selalu su’u dzon, dunia ini akan tertutup.” Terang Kiai Hasan. Karena Islam adalah Rahmatan Lil ‘Alamin lanjut beliau. Keistimewaan pesantren adalah sakralnya kehidupan dan barokah. Adanya amanatul ilmi (Amanat ilmu) akhirnya timbul ikramul ilmi wal ulama (penghormatan kepada ilmu dan ulama), yang kecil hormat kepada yang besar, yang besar sayang kepada yang kecil, inilah kehidupan barokah di pondok pesantren.

Selain Kiai Hasan, acara ini juga dihadiri oleh Irjen Pol Drs. H. Arkian Lubis, S.H., Jabatan Kakorbinmas Baharkam Polri, Ketua UKP PIP, Dr. Yudi Latif. Acara selesai pukul 12.30 WIB, dilanjutkan dengan ramah tamah. AaRum

Popular Articles