Date:

Share:

Kiai Gontor Takziah ke Kediaman Gus Solah

Related Articles

KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Mondern Darusssalam Gontor beserta rombongan bertakziah ke kediaman KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Ponpes Tebuireng, Senin (3/2).

Dalam takziah tersebut, Kiai Hasan menyampaikan ungkapan bela sungkawa kepada keluarga Gus Solah serta menyampaikan salam dari seluruh keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor untuk keluarga besar Tebuireng.

Kiai Hasan bertemu dengan M. Nuh di kediaman Gus Solah

Selain bertemu dengan keluarga besar Gus Solah, Kiai Hasan yang akrab dipanggil Ustadz Hasan ini berkesempatan juga bertemu dengan beberapa tokoh yang turut hadir untuk takziah. Diantaranya adalah Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Lukman Hakim Saifuddin (alumni Gontor dan Menteri Agama 2014-2019), Ibu Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), serta Mohammad Nuh (Menteri Pendidikan 2009-2014).

Kiai Hasan bertemu dengan Anies Baswedan di kediaman Gus Solah

Antara Tebuireng dan Gontor memang dikenal akrab sebagai dua buah pesantren yang memiliki identitas kebangsaan dan keislaman yang kuat. Menurut Prof Amal Fathullah Zarkasyi, Rektor UNIDA Gontor dan salah satu putra dari Pendiri Gontor, antara Tebuireng dan Gontor tersambung melalui ikatan darah para pendirinya yang merupakan “tunggal buyut”.

Selain itu, kedua pesantren juga aktif dalam kerja sama dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang peningkatan bahasa. Hal ini tampak salah satunya dengan dikirimnya Al-Ustadz Hanif Fathoni, alumni Gontor 2001 untuk membantu Tebuireng dalam bidang bahasa.

Diskusi antara Gus Solah dan Kiai Hasan di Gontor, 3 April 2018. Sumber Foto: tebuireng.online

Keakraban Gontor dan Tebuireng juga tampak pada 3 April 2018, saat Gus Solah sempat mengunjungi Gontor dan berbincang dengan KH Hasan Abdullah Sahal dan KH Syamsul Hadi Abdan terkait berbagai hal, khususnya tentang kebangsaan. AbuFariz

Popular Articles