Date:

Share:

Kiai Abdul Azis Asyhuri Wafat, Gontor Berduka

Related Articles

K.H. Abdul Aziz Asyhuri, BA
K.H. Abdul Aziz Asyhuri, BA

GONTOR–Jumat (28/10), Anggota Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor, K.H. Muhammad Abdul Aziz Asyhuri, BA. , meninggal dunia pada pukul 03.30 WIB di RSJ Kramat Magelang. Sebelum wafat, almarhum yang kerap disapa Kiai Aziz Asyhuri, memiliki beberapa riwayat penyakit, yakni stroke, jantung, dan paru-paru. Meski sempat mereda, namun, pada Kamis (27/10), kondisi almarhum memburuk, hingga seluruh keluarga berkumpul di RSJ Kramat Magelang tempat beliau dirawat. Hingga akhirnya pada Jumat pagi, beliau menghembuskan nafas terakhir.

Kiai Aziz Asyhuri merupakan Anggota Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor sejak tahun 2010 melalui Sidang Badan Wakaf ke-63 dengan surat keputusan Nomor: 03/BW-LXIII/1431. Almarhum merupakan alumni Gontor pada 1971, kemudian menamatkan pendidikan di Insititut Pendidikan Darussalam pada tahun 1976.

Almarhum adalah Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Abdussalam di Kapuhan, Sawangan, Magelang, tahun 1980. Pondok tersebut, pada tahun 2002, diubah namanya menjadi Ponpes At-Tauhid Al-Islamy. Selain mengasuh pesantren, Kiai Aziz Asyhuri juga merupakan seorang aktivis di organisasi Nahdlatul Ulama. Pada tahun 1983 almarhum pernah menjadi Ketua MWC NU Kec. Tempuran, dan pada 1985, diangkat menjadi Sekretaris PCNU Kab. Magelang.

Di dunia politik, Kiai Aziz Asyhuri juga memiliki peran dengan menjadi Anggota DPRD Tk. II Kab. Magelang sejak tahun 1992-1999. Almarhum juga belasan kali mengikuti seminar-seminar dalam dunia politik di berbagai daerah di Indonesia. Pada tahun 2006, bersama dengan beberapa ulama dari Indonesia, almarhum berkunjung ke Belanda atas undangan SOHBET (Imam Masjid Turki di Belanda).

Kepergian almarhum merupakan duka yang sangat mendalam bagi keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor. Salah satu guru kami, kiai kami, pejuang Gontory, telah lebih dulu meninggalkan kami. Selamat jalan, Kyai Aziz Asyhuri. Semoga segala amalan almarhum diterima Allah SWT. Amin.binhadjid

Popular Articles