Date:

Share:

KGP Adakan Mugus bagi Adika Ambalan

Related Articles

GONTOR-Menginjak beberapa bulan sebelum dimulainya tahun ajaran baru dalam kepramukaan, Gontor mengadakan Musyawarah Gugus Depan yang melibatkan adika kelas 3 intensif dan 4, mereka adalah calon Pembina pada tahun ajaran berikutnya setelah lulus mengikuti KMD. Agenda tersebut dilaksanakan pada Kamis-Jum’at (8-9/3) bertempat di Gedung Olahraga PMDG.

Musyawarah Gugus Depan dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama adalah sidang Pleno, dalam sesi ini, setiap bagian dari gugus depan secara umum akan membacakan anggaran dasar yang sudah direvisi pada Mugus sebelumnya, kemudian para peserta Mugus mengajukan penambahan ayat, pengubahan redaksi, ataupun penghapusan ayat dan pasal dalam secarik kertas kecil yang sudah disiapkan panitia. Adapun sesi kedua adalah sidang komisi, seluruh adika kelas 3 intensif dan 4 terbagi menjadi 10 komisi dengan jumlah yang sama, kemudian didalam setiap komisi akan dibahas mengenai pengajuan penambahan atau pengurangan ayat maupun redaksi yang sudah diajukan pada sidang pleno. Sesi yang ketiga adalah sidang paripurna, dimana semua ajuan pendapat akan dibahas bersama-sama, disepakati bersama maupun ditolak bersama pula, hasil dari sidang paripurna inilah yang akan menjadi revisi anggaran dasar Mugus Depan pada tahun ajaran baru nantinya.

Berapanitiakan sekitar 60 personil dari adika kelas 3 intensif dan 4, Mugus berjalan dengan baik dan mendapat kesan yang baik pula dari para adika kelas 3 intensif dan 4. Di dalam kepanitiaan ini, mereka tidak hanya terdidik bagaimana mengadakan sebuah acara, namun Mugus mengajari mereka arti penting dari musyawarah, mengingat itu adalah anjuran Islam. Di dalam musyawarah mereka akan menemukan banyak pertentangan pendapat dan pengetahuan baru yang dapat memperluas wawasan. Sand88

Popular Articles