Date:

Share:

Kesederhanaan Ala Gontor

Related Articles

Gontor – Dalam menjalankan kesehariannya, Pondok Modern Darussalam Gontor memegang teguh nilai – nilai yang terkandung dalam Panca Jiwa. Dalam kata lain, Panca Jiwa merupakan ruh yang menjiwai semua lini kehidupan di pondok yang sudah berumur lebih dari 90 tahun ini.

Salah satu nilai yang terkandung dalam Panca Jiwa adalah nilai kesederhaan. Hal ini dapat kita lihat pada baris kedua dari lima poin yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Inggris biasa disebut simplicity, adapun bahasa Arabnya ialah al basathah.

Lantas, bagaimana makna kesederhanaan ala Gontor?

Dinamika kehidupan yang ada di Pondok itu diliputi dengan pola hidup sederhana, namun tetap agung. Pola kesederhanaan ini meliputi segala aspek, mulai dari cara berpenampilan, cara makan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sederhana, dalam kaca mata Gontor, bukan berarti hidup pasif (jawa:narimo). Pun juga tidak berarti hidup melarat dan juga miskin. Namun, hidup dengan sewajarnya, secukupnya, dan tidak berlebih – lebihan.

Contoh dari aplikasi nilai sederhana di Pondok Gontor adalah cara berpakaian santri. Dalam kesehariannya, santri diajarkan untuk berpakaian sewajarnya dan tidak norak. Tidak perlu bagi seorang santri itu memakai baju baru setiap hari. Toh bila sudah lama, asalkan bersih dan layak, maka itu saja yang dipakai.

Hal lain juga tercermin dari model rambut santri. Bila kita perhatikan dengan seksama, maka kita tidak akan menemukan santri Gontor yang berambut gondrong. Bila sudah dirasa gondrong, maksimal menyentuh telinga saja, itu sudah perlu dicukur. Mengapa demikian? Itulah pelajaran nilai kesederhaan ala Gontor.

Lalu, apa hikmah di balik pelajaran nilai kesederhanaan ini?

Bila seorang manusia sudah terbiasa hidup sederhana, maka akan terpancarlah jiwa besar, berani maju, dan pantang mundur dalam segala keadaan. Bahkan, disitulah tumbuh mental dan karakter yang kuat, guna menjadi syarat kesuksesan seseorang.

Tak hanya itu, jiwa kesederhaan juga dapat menumbuhkan rasa syukur, rasa tanggung jawab, rasa kemanusiaan, dan juga memudahkan diri guna menjadi pribadi yang jujur dan bersih. Itulah sekelumit hikmah di balik pelajaran agung tentang nilai kesederhanaan yang diajarkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor.

Baguslah kita serap baik – baik sebuah pesan yang terdapat dalam buku “Diktat Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor”, berkenaan dengan hidup sederhana:

“Biasakanlah hidup sederhana, niscaya kita akan hidup bahagia, dan dapat menghadapi masa depan dengan kepala tegak, tidak ada rasa cemas atau takut.” #Ghozinafi

Popular Articles