Date:

Share:

Kepramukaan Tingkatkan Kreativitas Para Amsus dengan PPL

Related Articles

Salah satu peserta Amsus ketika mempresentasikan karyanya dihadapan adika-adika pramuka
Salah satu peserta Amsus ketika mempresentasikan karyanya di hadapan adika-adika pramuka

DARUSSALAM–Para pengurus Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) Gugus Depan 15089 yang kini kepengurusannya telah beralih ke siswa kelas 5 kembali menunjukkan bahwasanya kepramukaan merupakan kegiatan yang tidak membosankan. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya acara Praktik Pengayaan Lapangan (PPL) oleh para Ambalan Khusus (Amsus) dari siswa kelas 3 Intensif dan 4 di sela-sela padatnya acara kepramukaan lainnya seperti Perkajum dan Lomba Tingkat (LT).

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 gelombang: gelombang pertama (Kamis, 3/4) diadakan bagi dua orang presenter perdana yang merupakan utusan dari masing-masing gugus depan, sementara dua gelombang lainnya (Kamis, 10/4 dan 17/4) untuk para Amsus yang lain secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang telah dibagikan.

Setiap regu yang terdiri dari 10 orang adika pramuka akan mendengarkan presentasi dari 2 orang Amsus yang mendemonstrasikan karya dan kreasi mereka. Setiap individu diharuskan membuat sebuah karya dari judul yang ditentukan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana namun dihias sedemikian rupa agar menarik dan akan dinilai oleh para Pembina Pramuka dari siswa kelas 5. Mereka menggunakan bahan-bahan yang familiar dan mudah ditemukan di area kampus seperti gabus, triplek, stik es, dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan para peserta PPL ini dapat meningkatkan kreativitas serta keterampilan dalam menyampaikan materi dengan jelas dan menarik. Acara ini juga merupakan rentetan dari kegiatan yang harus dilalui oleh para Amsus sebelum kegiatan terakhir yang ditutup dengan acara Amsus Gembira. fei

Popular Articles