Date:

Share:

Kepramukaan: Gontor Adakan Gladian Pinsa Pinru

Related Articles

DARUSSALAM–Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tidak henti-hentinya disibukkan dengan aktivitas dan kegiatan, Mabikori (Majelis Pembimbing Koordinator Harian) selaku pembimbing kepramukaan di PMDG mengadakan salah satu rutinitas yaitu Gladian Pinsa (Pimpinan Saga) dan Pinru (Pimpinan Regu) yang dilaksanakan pada Selasa (2/10) hingga Jum’at (5/10) dan dibuka oleh Al-Ustadz H. Taufiqurrahman, S.Ag., di Aula Rabithah. Dalam pelaksanaannya, staf Mabikori dibantu oleh staf Koordinator Gerakan Pramuka PMDG serta panitia yang terdiri dari siswa kelas 5 KMI.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Gladian Pinsa dan Pinru adalah suatu kursus materi dasar kepramukaan, yang diperuntukkan bagi pemimpin setiap Gugus Depan (Gudep), dan materi yang disampaikan dalam kesempatan acara ini meliputi basic skill kepramukaan seperti: upacara, dinamika kelompok, baris-berbaris, morse, semaphore, perkemahan, dan P3K.

Acara tersebut diadakan guna meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para adika, serta memberi simulasi praktis kepada pengurus dalam usaha untuk memimpin serta membina kerjasama yang baik dalam satuannya.

Pada hari Kamis, tibalah saatnya mereka mengamalkan apa yang mereka dapat dari pelatihan ini. Sebagai contoh, setiap peserta menjadi pemimpin di gugus depannya masing-masing, mereka diamanati sebagai petugas upacara.

Acara yang ditutup dengan Out Bond dan Wisata Alam ini diikuti oleh seluruh adika yang menjabat sebagai Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Pimpinan Regu (Pinru) dari setiap Gugus Depan. Pada tahun ini, panitia mengambil lokasi yang cukup berbeda, tepatnya di Sarangan, Magetan, di sanalah para Pinsa dan Pinru dikenalkan dengan berbagai macam Out Bond dan permainan yang dapat meningkatkan skill mereka, sekaligus bekal sebagai Pinsa dan Pinru. Muis

 

Popular Articles