Date:

Share:

Kepramukaan di Gontor Resmi diaktifkan Kembali

Related Articles

Gontor–Kepramukaan di Gontor diaktifkan kembali, setelah kurang lebih tiga bulan lamanya ditutup, guna memfokuskan para santri dalam persiapan rentetan acara Khutbatul Arsy. Kamis siang ,(9/8) Upacara pembukaan kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan diikuti oleh seluruh adika dan pembina Gugus Depan 15089 yang baru menyelesaikan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD). Bertindak sebagai inspektur upacara Al-Ustadz Suraji Badi’, S.Ag.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar dan Metodenya, dimana sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti. Adapun Kepramukaan di Gontor dilaksanakan dengan keselarasan antara sistem pendidikan kepanduan dengan ajaran-ajaran Islam. “We are scout but we are muslim”.

Kepramukaan juga merupakan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri PMDG. Suka maupun tidak, setiap anak dituntut untuk berkecimpung dalam kegiatan rutin pada Kamis siang tersebut. Berseragam lengkap dan bernyanyi bersama, menjadi ciri khas para Pramuka yang selalu terlihat riang dalam setiap aktivitasnya. Kepramukaan mendidik segala aspek kehidupan, mulai dari kemandirian, keteladanan, keterampilan, dan kebersamaan. Pramuka adalah salah satu sarana hiburan untuk para santri, bermain sambil belajar adalah ciri khas yang terdapat di Pramuka. “Scout is Joly Game”.Muis

Popular Articles