Date:

Share:

Kasyful Mu’jam Asah Bahasa Arab Siswa Kelas 6 KMI

Related Articles

GONTORKasyful Mu’jam merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Khususnya untuk siswa kelas 6 Kulliyatu-l-Muallimin Al-Islamiyyah (KMI). Kegiatan ini diadakan guna mengasah bahasa arab siswa kelas 6 KMI. Karena bahasa merupakan salah satu kurikulum di PMDG. Selain itu, Kasyful Mu’jam juga dapat memperluas wawasan santri dalam menyelami kosakata Bahasa Arab. Tepat pada hari Sabtu, (29/9) dimulainya pengarahan tentang Fathul Mu’jam dan Mu’jam Al-Mufahros di masing-masing kelas, yaitu dari kelas 6 B s.d. 6 T, Selanjutnya di hari Senin-Selasa (1-2/10) diadakan ujian Kasyful Mu’jam dan Mu’jam Al-Mufahros yang bertempat di Gedung Sudan 1.

Ujian dalam Kasyful Mu’jam ini cukup unik, karena usai para santri menyelesaikan tugasnya, lembar jawaban pun langsung dikoreksi oleh para pengawas yang masing-masing ruangan berjumlah 4 orang, sangat intensif dan relatif singkat acara seperti ini, akan tetapi nilai pendidikan yang terkadung di dalamnya sangatlah tinggi. Karena di saat itulah mereka dilatih untuk menjadi pribadi yang jujur dalam menjawab soal ujian.

Untuk Kasyful Mu‘jam ini, para siswa diharuskan menggunakan kamus “Munjid”, kamus bahasa Arab yang dijadikan pedoman segenap guru dan siswa KMI. Selain mencari arti kata bahasa Arab dari kamus “Munjid”, acara ini juga disertai dengan latihan menemukan ayat tertentu di dalam Alquran beserta suratnya dengan menggunakan Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfadzil Qur’an. Hal ini dalam rangka memudahkan para siswa untuk mencari rujukan ayat tertentu di dalam Alquran dengan cepat. Sehingga, pada saat kita menemukan penggalan ayat yang tidak mencantumkan nama suratnya, dengan Mu‘jam Mufahras, kita tidak membutuhkan waktu lama untuk melengkapi ayat tersebut.

Usai pelaksanaan acara ini, sangat diharapkan bagi siswa kelas 6 KMI untuk terus berlatih dan membiasakan diri untuk membuka dan mencari al Kalimat al So’bah di kamus “munjid” dan mencari rujukan ayat tertentu di dalam Alquran dengan menggunakan “al-Mu’jam Al-Mufahros”.*aff

 

Popular Articles