Date:

Share:

Kasyfu al-Mu’jam Ukur Kemampuan Sharf Siswa Akhir KMI

Related Articles

Kasyfu al-Mu’jam Ukur Kemampuan Sharf Siswa Kelas Akhir KMIDARUSSALAM – Tidak terasa aktivitas belajar mengajar di Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) sudah berjalan selama 2 bulan. Tepatnya, pada Senin (28/10) malam, siswa kelas 6 KMI berbondong-bondong menuju kelas di gedung Yaqdzah. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperdalam kemampuan ilmu Sharf dengan kegiatan Kasyfu al-Mu’jam.

Adapun tujuannya adalah melatih para siswa dalam menggunakan Kamus Munjid dan Kamus al-Mu’jam al-Mufahras, sekaligus mengukur pengetahuan ilmu Sharf mereka. Setiap siswa diminta untuk mencari arti dari sebuah kosakata bahasa Arab di kamus Munjid dan Kamus al-Mu’jam al-Mufahras. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari dengan bimbingan dari guru-guru senior, wali kelas, dan guru-guru baru. Acara terhitung mulai hari Senin, 23–25 Dzulhijjah 1434/28–30 Oktober 2013.

Kegiatan Kasyfu al-Mu’jam tediri dari dua sesi. Pada dua hari pertama, Senin dan Selasa, para siswa menggunakan Kamus Munjid sebagai rujukan, kemudian menggunakan Kamus al-Mu’jam al-Mufahras di hari ketiganya. Ke depannya akan datang Usbu’u al-Ikhtibar, al-Imtihanu Lidarsi al- Masa’i, dan rentetan ujian lainnya yang menandakan bahwa Pondok memasuki penghujung tahun ajaran semester pertama. irba

Popular Articles