Date:

Share:

Karantina Siswa Akhir KMI 2018

Related Articles

PEACE COUNTRY–Ujian Siswa Akhir Kulliyatu-l-Mu‘allimin al-Islamiyah (KMI) 2018 (Inspiring Generation) Gelombang Kedua membutuhkan persiapan fisik, akademis, mental, dan spiritual yang matang dalam menghadapinya. Setelah beberapa hari lalu resmi melepas amanat dalam keorganisasian, Inspiring Generation harus segera menyiapkan bekal menuju Ujian Siswa Akhir KMI Gelombang kedua yang diperkirakan akan datang beberapa hari lagi. Ujian yang akan dihadapi terbagi menjadi tiga fase; Ujian Praktik Mengajar, Ujian Lisan, dan Ujian Tulis. Ujian ini menjadi penutup perjuangan Inspiring Generation dalam masa belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor (PM. Gontor).

Untuk mengintensifkan kegiatan belajar Inspiring Generation di luar kelas, PM. Gontor melalui Staf Pengasuhan Santri adakan Karantina di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Event ini bertujuan untuk mengontrol kegiatan dan miliu kehidupan Inspiring Generation, agar bisa lebih fokus belajar dalam menghadapi ujian.

Cara ini dinilai efektif untuk mengkondusifkan kegiatan belajar santri, mengingat karantina juga diadakan di tahun-tahun sebelumnya. Acara difasilitasi dengan peralatan kebersihan, tempat air minum, dan juga karpet, agar lebih nyaman ditempati. Karantina tahun ini diadakan sebanyak dua gelombang; Gelombang Pertama selama 18 hari, terhitung mulai hari Senin, 22 Januari sampai Kamis, 8 Februari; dan Karantina Gelombang Kedua selama 27 hari, mulai dari hari Kamis, 15 Februari sampa Selasa, 13 Maret 2018.

Selama karantina, Inspiring Generation akan disibukan dengan berbagai macam kegiatan yang telah disusun Panitia Kegiatan Siswa Akhir KMI (PKSA), di antara kegiatan tersebut adalah Senam Bersama, Lari Pagi, al-Tau‘iyyah al-Diniyyah dari Pimpinan Pondok dan Guru Senior, Membaca Al-Qur’an, dan masih banyak lagi.

Di tempat Karantina, juga didirikan kafe yang dijaga oleh Pembimbing Inspiring Generation, terletak di bagian belakang sebelah timur area karantina. Menu yang ditawarkan cukup variatif. Diharapkan dengan upaya kali ini, Inspiring Generation dapat mencetak sejarah baru dalam bidang akademis khususnya, dan menjadi generasi yang menginspirasi adik-adik kelas yang akan memegang estafet perjuangan selanjutnya.

Popular Articles