Date:

Share:

Kamis (27/6/2013) Malam, Pendaftaran Capel Putra dan Putri Ditutup

Related Articles

Al Ustadz Suwarno TM, S.Ag. memberikan pengarahan tentang Kepondokmodernan kepada segenap calon wali santriwati.
Al Ustadz Suwarno TM, S.Ag. memberikan pengarahan tentang Kepondokmodernan kepada segenap calon wali santriwati

GONTOR – Kamis (27/6/2013) malam, pendaftaran calon pelajaran (capel) di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) 2, Madusari, Siman, Ponorogo dan PMDG Putri 2, Mantingan, Ngawi, akan ditutup. Hal ini dilakukan setelah melihat dekatnya jadwal ujian lisan yang akan dilaksanakan di PMDG 2, yakni pada 1-8 Juli 2013. Adapun di PMDG Putri 2, ujian lisan baru akan dilaksanakan pada 19-24 Juli 2013.

Hingga Rabu (26/6/2013) pagi, jumlah pendaftar di PMDG putra 2 sudah mencapai 3033 orang capel. Namun dikarenakan beberapa hal, sebanyak 112 orang capel mengundurkan diri. Menurut rencana, usai ujian lisan dilaksanakan, para santri masih akan mendapat bimbingan persiapan menghadapi ujian tulis hingga tanggal 19 Ramadhan 1434. Adapun liburan di PMDG 2, akan dimulai sejak 20 Ramadhan 1434 hingga 10 Syawwal 1434. Sekembalinya para capel, pada tanggal 11 Syawwal 1434, akan dilaksanakan ujian tulis di Pondok Modern Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo.

Khusus untuk putra, pendaftaran akan dibuka kembali pada 4-10 Syawwal 1434 di PMDG Pusat. Para capel yang mendaftar, akan diujikan lisan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun untuk ujian tulis, tetap akan dilakukan bersamaan dengan capel dari PMDG 2, yakni pada 11 Syawwal 1434.

Lain halnya di PMDG Putri 2, hingga Rabu (26/6/2013) pagi, jumlah pendaftar mencapai 2443 orang capel. Usai ujian lisan, para capel di PMDG Putri 2 akan diberikan bimbingan hingga 17 Ramadhan 1434. Adapun liburan, akan dimulai sejak 18 Ramadhan 1434 hingga 10 Syawwal 1434. Berbeda dengan putra, untuk ujian tulis di PMDG Putri 2, akan dilaksanakan pada tanggal 15 Syawwal 1434.

Usai seluruh rentetan ujian tersebut, menurut rencana, pengumuman hasil ujian masuk di PMDG 2 akan dilaksanakan pada 15 Syawwal 1434. Adapun di PMDG Putri 2, pengumuman akan dilaksanakan pada 22 Syawwal 1434.binhadjid

34 COMMENTS

  1. Assalamu Alaikum
    Judul berita diatas mungkin perlu dikoreksi.
    Kamis (27/8/2013) Malam, Pendaftaran Capel Putra dan Putri Ditutup
    Mungkin yang betul adalah Kamis 27/6/2013.
    Wassalam.

  2. Assalamu'alaikum….mohon infonya kok selalu berubah mengenai jadwal ujian, terakhir saya tanya ke bagian pendaftaran di gontor putri bahwa pengumuman hasil ujian 2 hari setelah tgl ujian atau tgl 17 syawal….yang mana yang benar? karna ini sangat berhubungan dengan kami yg berasal dr luar kota

    • wa'alaikumsalam,

      memang untuk jadwal pengumuman hasil ujian di Gontor Putri untuk sementara dijadwalkan tanggal 22 Syawwal. Namun masih ada kemungkinan perubahan jadwal.

  3. Untuk melihat hasil ujian , kita sebagai orang tua datang kesana atau bisa di lihat di internet…

    • Untuk sementara hasil ujian belum dapat diakses melalui internet. Adapun pengumuman dilaksanakan langsung pada tanggal dan tempat yang telah ditentukan.

  4. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Mohon maaf putri saya akan mendaftar di gontor putri tetapi sedang dalam perjalanan ke gontor karena tidak dapat tiket pesawat jadi naik kapal baru tiba di jawa hari jumat, karena sebelumnya saya baca di web ini pendaftaran sepanjang tahun

    apakah saya bisa daftarkan dulu via tulisan ini agar anak saya bisa masuk di Gontor, saya minta tolong yang sebesar-besarnya.

    nama : RIDKA KHAIRUNNISA
    lulusan : SDIT DARUSSALAM BATAM

    Terimakasih sebelumnya, semoga Alloh mengijinkan anak saya menimba dan memperdalam ilmu agamaNya di Gontor

    wassalamu'alaikum wr. wb.

    • Wa'alaikumsalam,

      pendaftaran tidak bisa dilakukan online, harus langsung dilakukan di Gontor Putri 2. Apabila sudah ditutup, maka pendaftaran untuk ujian masuk tahun ajaran berikutnya akan dibuka kembali usai penerimaan santri baru tahun ini, dengan melihat situasi dan kondisi.

  5. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    1. apakah tanggal 20 ramadhan sdh keputusan Bpk pimpinan pondok?
    2. kalo libur apakah diperbolehkan keluar pondok atau pulang ke rumah?
    3. jikalau diizinkan pulang, tanggal berapa paling lambat capel harus kembali ke pondok? jika selama ini di pondok 2 putra, apakah setelah libur/pulang, tetap kembali ke pondok 2 putra lagi?
    syukran, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    • Wa'alaikumsalam,
      1. Untuk liburan, gontor putra 2 rencana dimulai tanggal 20 Ramadhan

      2. Diperbolehkan untuk pulang ke rumah

      3. Terakhir kembali ke Gontor Putra 2 pada 10 Syawwal 1434

  6. Ass.Wr.Wb, Mohon konfirmasi ulang Pak, atas berita diatas berarti utk capel putra yg akan mendaftar Tgl. 4-10 syawal di Gontor 1 Pusat masih bisa kan ??? Trims sebelumnya Wassalam…

    • Wa'alaikumsalam,

      iya bapak, untuk pendaftaran pada Bulan Syawwal masih bisa dilakukan di Gontor Pusat.

    • wa'alaikumsalam,

      untuk hal tersebut belum dapat kami sampaikan dalam forum ini, bisa ditanyakan langsung ke panitia ujian masuk.

  7. apakah,masih ada pendaftarn untuk calon santri putri pada bulan syawal…?
    syukron sebelumnya…

  8. Assalamualaikum wr.wb
    apakah,masih ada pendaftaran untuk calon santri putri pada bulan syawal….?
    syukron sebelumnya…..
    wassalamualaikum wr.wb

    • wa'alaikumsalam,

      untuk santri putri, tidak dibuka pada bulan Syawwal, berbeda dengan putra.

      • asslamualaikum wr wb
        pak untuk santri putri besok apa masih bisa untuk mendaftar?
        terimakasih mhon infonya

        • wa'alaikumsalam,

          pendaftaran santri putri untuk tahun ajaran Syawwal ini sudah ditutup, akan dibuka kembali usai penerimaan santriwati baru di Gontor Putri untuk ujian masuk pada tahun berikutnya.

  9. assalamualaikum … ustadz bagaimana cara mendaftar dan kapan .. soalnya saya santri lulusan ponpes ibadurrahman , jakarta yang ingin sekali masuk PMDG tapi sampai skrg saya tdk tahu kapan,dan bagaimana mendaftar di pMDG .. saya mnta infonya ..

    atas jawabannya syukron katsiron ..

    • Wa'alaikumsalam,

      Pendaftaran dilakukan langsung di PMDG Pusat mulai 4 Syawwal 1434 mendatang, persyaratan dapat dilihat di website kami.

  10. assalamualaikum,
    mohon penjelasan dan kepastiannya,mengenai
    1.pendaftaran capel putri untuk bulan juli ini apa masih
    buka?(mengingatpendaftaran sepanjang tahun)
    2.klau sudah tutup kapan bisa mendaftar untuk capel putri?
    berita yang saya dengar dan akses di web kurang begitu saya pahami,ada yang saya tangkap tidak dibuka lagi,ada yang bilang dibuka tgl.11 agustus.tolong infonya yang benar.mohon bantuannya,mengingat saya dari bali sudah berada di sini sejak tanggal.28-juni.dan pendaftaran telah ditutup.saya masih menunggu disini sampai saat ini.

    • wa'alaikumsalam,

      Pendaftaran capel putri masih dibuka mulai 5 Syawwal 1434 mendatang di PMDG Putri 2, meskipun beberapa waktu lalu pendaftaran sempat ditutup sementara. Untuk lebih jelasnya dapat menguhubungi panitia ujian di Gontor Putri 2.

  11. assalamualaikum…
    mau tanya apakah anak kecil baru naik kelas 4SD tahun ajaran baru ini, apakah boleh masuk ke pondok Gontor ini?
    makasih
    wassalamualaikum…

    • wa'alaikumsalam,

      di Gontor belum ada lembaga pendidikan yang setingkat dengan SD/MI,

  12. Assalamu'alaikum WR WB.
    Kami WNI di Sarawak Malysia,Nak tanya untuk pendaftaran KMI putra tutup pkl brp 10 syawal?
    Kerena fligh airasia laluan KL-Jogja sampai tgh hari kat airport,takut dah malam pulak sampai pondok pusat.Harap masih belum terlambat utk daftar dan ikut ujian syafahi.Tq jzkllah wassalam

  13. assalamualaykum…afwan ketika saya bertanya tentang pendaftaran calon santri putri yang ternyata sudah di tutup 27 juni saya menelpon ke panitia ujian masuk pondok gontor putri mantingan kurang lebih 2 minggu yang lalu di jawab bahwa tanggal 5 syawal pendaftaran di buka dan langsung ujian. Apa benar begitu ? Karena saya dan keluarga sedang mempersiapkan keberangkatan utk syawal nanti mengingat kami dari luar jawa sangat membutuhkan kepastian.Syukran..

    • Wa'alaikumsalam,

      Untuk pendaftaran putri di Bulan Syawwal ada kemungkinan dibuka, karena kemarin status penutupan pendaftaran adalah sementara. Untuk kepastiannya, dapat menghubungi Gontor Putri 2 saat Syawwal nanti.

  14. Aslm, saya ingin mendaftarkan adik saya masuk gontor putri 2. ketika saya telp, pendaftaran akan ditutup 10 syawal, namun ketika saacek web menyatakan akan ditutup sampai tgl 20 syawal. untuk kepastiannya, yang manakah yang valid ustd/ustzh?

    terima kasih

  15. Assalâmu ‘alaikum wr. wb,
    Para sedhèrèk sedaya ingkang kula hormati.
    1. Kula ajeng nerasaken program ngapalaken Al Qur'aan mawi CD. CD ingkang isinipun suratan. Ayatipun suratan kula ijènaken supados saged dipun búngsal-bangsuli sampèk apal. CD ingkang kados menika dèrèng wonten ing Indonesia lan kula kinten dèrèng wonten ing dunya. Sak punika kula sampun pensiun miwiti 1 november 2013, dados wonten kesempatan nglajengaken proyèk menika. Milai kalian juz Amma. Yèn sampun dados sak Qur'an sedanten, kula badhé nyitak CD2nipun wonten ing Indonesia, supados dipun sadé.
    Kula wicantenan kalian kiyai2 lan Qori'2 program kados ing inggil punika dèrèng wonten ing Indonesia. Lan wonten Ustadz ingkang mblajari wonten ing SD ngapalaken Al Qur'an, panjenenganipun tertarik kalian program menika, amargi nggampilaken anggènipun anak2 sami ngapalaken Al Qur'an.
    2. Mblajari ilmu Tajwid tasik tradisional lan dangu sanget anggènipun murid2 saged mahos Al Qur'aan mawi nggunakaken ilmu Tajwid. Program "Digital Quran" ingkang mblajari ilmu Tajwid mawi laptop/notebook/komputer dèrèng wonten. Sak lebetipun 12 kelas/kedatangan saged mahos Al Qur'an mawi Tajwid. Wonten ing Indonesia 1 – 5 tahun baru saged mahos Al Qur'an mawi Tajwid.
    3. Sistem ngapalaken utawi mahos Al Qur'an wonten ing Indonesia tasik salah. Murid2 kèn mahos Al Qur'an riyín, yèn sampun katam Al Qur'an baru dibelajari ilmu Tajwid. Dados saking menika Imam2 masjid wonten ing plosok2 mboten saged mahos suratan mawi nggunakaken Tajwid, amargi mboten mréhatinaken mahos kanti sahé Tajwidipun.
    Sistem kula, yèn saged kenal huruf2 Arab lajeng dipun belajari ilmu Tajwid dados mboten dangu saged mahos Al Qur'an mawi hukum Tajwid. Yèn Gusti Allah ngersakaken kula badhé ngunjungi Indonesia kalian mbikak sekolahan "Digi Quran School", ming kanggé percobakan. Yèn sukses lajeng kula jembaraken malíh.
    Wonten ing Nederland cara "Digital Quran" sampun kula cobi wonten ing kalanganipun tiyang Jawi lan tiyang India kanthi sukses. Murid2 ingkang belajar mahos Al Qur'an tahunan awalipun kula kèn mahos mboten saged mahos mawi Tajwid, lajeng kula belajari sak lebetipun 12 kedatangan saged mahos Al Qur'an mawi Tajwid tanpo wonten klentunipun. Lan ugi saged nyerat Arab kalian laptop.
    Kanggé ingkang kula aturaken ing nginggil punika, kula mbetahaken sedhèrèk ingkang saged madosaken tempat/pesantrèn ingkang kersa kula damel tempat percobakan.
    Sak monten kriyín, sanès wekdal kula terasaken.
    Kanthi rahayu wilujeng saking berkahing Pangéran.
    Wassalâmu ‘alaikum wr. wb.,
    Pak Dirman

  16. Assalamu’alaikum, rencannya saya akan mendaftarkan anak saya masuk tingkat SLTP di Pondok Modern Darusallam Gontor Putri, pertanyaan saya apakah pendaftaran tahun Ajaran 2015/201 6 (tahun Depan) apakah bisa dilakukan tahun ini (2014)? atas penjelasan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terimakasih.

    • Wa’alaikumussalam. Untuk pendaftaran, hanya bisa dilakukan pada periode masing-masing, jadi calon pelajar tidak bisa mendaftar dahulu sebelum dibuka kembali pendaftaran sesuai tahun kelulusan anak bapak/ibu. Jazakumullah.

Comments are closed.

Popular Articles