Date:

Share:

K.H. Syamsul Hadi Abdan: “Siapa Yang Aktif dalam Kepramukaan, Tak Akan Sia-sia”

Related Articles

GONTOR – Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) belum usai. Hari Rabu (9/8) dilangsungkan upacara pembukaan & pelepasan peserta Lomba perkemahan Penggalang & Penegak (LP3) ke-29. Upacara yang diselenggarakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern ini dihadiri langsung oleh Pimpinan PMDG, K.H. Syamsul Hadi Abdan. Para peserta yang berasal dari seluruh kampus PMDG dan pondok-pondok alumni sudah siap mengikuti upacara sejak pukul 13.45 WIB. Selain dihadiri oleh Pimpinan PMDG, turut hadir pula Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM, Al Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag.

Suasana Upacara Pembukaan LP3 Ke-29
Suasana Upacara Pembukaan LP3 Ke-29

LP3 merupakan salah satu agenda dalam rentetan acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy PMDG yang rutin diadakan setiap tahun. Selain untuk memupuk kebersamaan antaranggota gugus depan, event ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa pejuang yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya jenis perlombaan yang diselenggarakan, sehingga para adika dapat mengeksplorasi bakat dan minat dalam berbagai keterampilan, baik dalam skill kepramukaan maupun yang lainnya.

            Dalam pidatonya, K.H. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan bahwa kepramukaan mendidik segala segi kehidupan, mulai dari kemandirian, keterampilan, kebersamaan, dll. “Siapa yang aktif dalam kepramukaan, tak akan sia-sia.” Pesan beliau kepada seluruh peserta LP3.

Wajah Semangat Para Adika Mengikuti Upacara Pembukaan Lp3 Ke-29
Wajah Semangat Para Adika Mengikuti Upacara Pembukaan Lp3 Ke-29

            Bagaimanapun, kepramukaan atau kepanduan di Gontor ada bersamaan dengan berdirinya pondok ini, meskipun dengan nama dan kegiatan yang berbeda. Tetapi, jiwa pandu/pramuka sudah ditanamkan dalam diri para santri. Namun demikian, LP3 merupakan ajang untuk penyaluran bakat dan minat, bukan ajang berebut penghargaan dan kemenangan. Maka, penilaiannyapun menyeluruh. Tidak hanya dalam perlombaan dalam bentuk pertandingan, tetapi aktivitas sehari-hari termasuk ibadah dan tingkah laku turut menjadi sesuatu yang sangat diutamakan. Harapannya, akan lahir dari para peserta LP3 ini para pemimpin umat, pemangku kepentingan masyarakat yang terampil, cerdas, dan bertanggungjawab.brada89

Popular Articles