Date:

Share:

K.H. Syamsul Hadi Abdan: Guru Mengajar Santri, Sekaligus Mengajar Dirinya

Related Articles

K.H. Syamsul Hadi Abdan  Guru Mengajar Santri, sekaligus Mengajar DirinyaGONTOR – Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), tepat pukul 20.15 WIB nampak sudah dipenuhi oleh siswa-siswa kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Sekitar 563 orang siswa berkumpul, khidmat menyimak wejangan kiai mereka. “Dengan persiapan yang pasti, hati yang yakin, semangat yang berkobar. Seorang guru siap untuk mengajar. Guru mengajar santri-santrinya, sekaligus mengajar dirinya sendiri,” demikian nasihat Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Syamsul Hadi Abdan, pada acara Pengarahan Pengajar Pelajaran Sore Akhir Tahun untuk kelas 5, Rabu (12/3) malam.

Acara ini dilaksanakan tepat sehari setelah Pelantikan Pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP). Melihat semakin dekatnya rentetan ujian Kelas 6 KMI, termasuk karantina dan ujian praktik mengajar, maka pondok mempercayakan kelas 5 KMI untuk menggantikan tanggung jawab Kelas 6 KMI dalam mengajar materi Pelajaran Sore.

Adapun materi yang diajarkan adalah Muthala’ah (Kelas 1–3 KMI), Reading (Kelas 1–3 KMI), Nahwu (Kelas 1 Int, 2, dan 3 KMI), al-Qur’an (Kelas 1–2 KMI), Imla’ (Kelas 1 KMI), dan Khat (Kelas 1–2 KMI). Secara keseluruhan, total pengajar dari siswa Kelas 5 sebanyak 253 orang.

Pengarahan yang dilaksanakan di BPPM ini diikuti oleh seluruh siswa Kelas 5 KMI dan beberapa guru KMI serta wali kelas. Selain itu, acara ini juga diikuti oleh para staf Pembimbing Pelajaran Sore serta Bapak Direktur KMI. elfah

 

Popular Articles