Date:

Share:

K.H. Hasan Abdullah Sahal : Khutbatu-l-‘Arsy Tahun ini Luar Biasa

Related Articles

GONTOR-Sudah menjadi sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor, setiap awal tahun ajaran diadakan Khutbatu-l-‘Arsy atau Khutbah Perkenalan atau Perpeloncoan. Acara yang dilaksanakan pada Hari Ahad (6/8) ini bertempat di Lapangan Hijau, dan dihadiri oleh Bapak Pimpinan, Anggota Badan Wakaf, Ketua ketua Lembaga, Wakil-wakil Pengasuh, seluruh Guru PMDG Pusat, Perwakilan Guru Kampus Cabang, dan seluruh santri PMDG. Saat selesainya acara ini, K.H. Hasan Abdullah Sahal menuturkan bahwa “Khutbatu-l-‘Arsy tahun ini Luar Biasa, karena Gontor menuju ke Satu Abad, penyelenggaraannya sudah berkelas Internasional dan tidak semua lembaga di luar pondok mampu menyelenggarakan hal semacam ini”.

Saya tidak yakin Gubernur bisa menyelenggarakan acara semacam ini apalagi Bupati, “tutur Kiai Hasan. Acara yang bertemakan “Gontor Mencerdaskan Kehidupan Umat Bersatu Membina Bangsa” ini juga diwarnai dengan Penampilan Marching Band Gema Nada Darussalam, dan Tari-Tarian Nusantara seperti Tari Ondel-Ondel, Singa Deprok, Tari Padang, Tari Padang, Tari Bujang Gadis, Tari Zapin, Kenthongan, Jaranan, Barongan, Topeng Ireng, Campur Sari, Tari Kecak, Tari Yosfan, dan Reog Ponorogo.

Kalau ingin melihat Kebhinnekaan, NKRI, dan Pancasila datanglah ke Gontor. Di Gontor, santri yang yang datang dari luar negeri hafal lagu Indonesia Raya, bahkan mereka bisa memimpin Indonesia, “tutur Kiai Hasan Abdullah Sahal saat Kuliah Umum Babak Pertama di Balai Pertemuan Pondok Modern.

Harapan besar Pimpinan PMDG bahwa acara Khutbatu-l-‘Arsy di tahun mendatang harus bisa lebih baik dari tahun ini.fuadfahmi

Popular Articles