Date:

Share:

Jumlah Hewan Kurban di Seluruh Kampus PMDG Tahun Ini Meningkat

Related Articles

DARUSSALAM – Pada hari Idul Adha 1438 H, jumlah hewan kurban di seluruh kampus Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat pada laporan akhir, Kamis (31/8) malam sesaat sebelum dimulai nya acara takbiran bersama Bapak Pimpinan, tahun ini jumlah hewan kurban yang sudah terdata adalah sebanyak 232 ekor sapi, 450 ekor kambing, dan 6 ekor domba yang jika dijumlahkan seluruhnya mencapai 688 hewan kurban.

Hari Idul Adha 1438 H jatuh tepat pada hari ini, Jum’at (1/9). Gema takbir yang sudah mulai disuarakan sejak sore kemarin selepas waktu Ashar, menandakan bahwasanya keesokan harinya seluruh umat muslim akan segera melaksanakan sholat Idul Adha di waktu pagi setelah terbit fajar.

Al-Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. ketika menyampaikan khutbah beliau pada hari Idul Adha 1438 H
Al-Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. ketika menyampaikan khutbah beliau pada hari Idul Adha 1438 H

“Dalam suasana hari Idul Adha seperti ini, kita senantiasa teringat kepada peristiwa besar yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan putra beliau Nabi Ismail AS,yang terkemudian diabadikan oleh Allah SWT dalam kitab suci Al-Qur’an”, jelas Al-Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, S.Ag. dalam khutbah beliau dihadapan para jama’ah sholat Ied pagi hari tadi.

Pantauan kami, berkesempatan hadir pada waktu sholat Idul Adha di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) pagi tadi seluruh Bapak Pimpinan PMDG, yang diantaranya adalah DR. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., K.H. Hasan Abdullah Sahal, dan K.H. Syamsul Hadi Abdan untuk ikut sholat Ied bersama-sama dengan para santri, guru-guru, wali-wali murid, serta masyarakat Desa Gontor yang sejak pukul enam pagi sudah mulai berbondong-bondong mendatangi lokasi.

Pada hari ini, selepas sholat Ied berjama’ah terdapat banyak kegiatan yang sedang dan akan dilakukan di PMDG, diantaranya proses pemotongan hewan kurban yang berlokasi di sekitar gedung Yaqdzoh, lomba vocal group dan nasyid antarkelas di BPPM, dan juga bakti sosial di desa Lekong, kecamatan Sukorejo, Ponorogo yang dilakukan oleh para mahasiswa UNIDA kampus Rabithah.

Terkhusus dalam kegiatan pemotongan hewan kurban di sekitar gedung Yaqdzoh, hari Idul Adha kali ini jumlah hewan kurban di PMDG Kampus Pusat pun ikut mengalami peningkatan, diantaranya sebanyak 24 ekor sapi, 64 ekor kambing, dan 5 ekor domba, yang jika dihitung jumlah seluruhnya mencapai 93 hewan kurban.

Pimpinan Pondok, Kiai Syamsul Saat Memberikan Pengarahan, Sekaligus Membuka Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban
Pimpinan Pondok, Kiai Syamsul Saat Memberikan Pengarahan, Sekaligus Membuka Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban

Pimpinan Pondok, Kiai Syamsul yang pagi tadi terlihat memakai sebuah topi, dengan mengenakan baju kerah abu-abu berlengan panjang, juga ikut menyempatkan diri untuk hadir dan membuka proses kegiatan pemotongan hewan kurban, serta menutup sambutan, pesan, dan arahan dari beliau dengan membaca do’a bersama-sama keseluruhan panitia.

Proses pemotongan hewan qurban kali ini akan memakan waktu sampai pada tiga hari lamanya. Pagi tadi di hari pertama, seperti biasa panitia merencanakan untuk memotong sapi-sapi yang terbilang memiliki berat yang paling besar, bahkan berdasarkan laporan yang kami terima, bahwa pada tahun ini PMDG memiliki sapi yang bobot nya mencapai satu ton kurang dua puluh tiga kilogram yang berasal dari hewan kurban milik Bank Syariah Mandiri, Ponorogo.

Tak ketinggalan, ada juga hewan kurban milik Bapak Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Drs. Machfud Arifin, S.H. yang juga ikut menitipkan hewan kurbannya untuk disembelih di PMDG. biibmufassir

Popular Articles