Date:

Share:

JMQH Adakan Pendaftaran Anggota Baru

Related Articles

GontorJam’iyyatul Quro’ wal Huffadz (JMQH)mengadakan pendaftaran anggota baru bagi santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Al-Ustadz Indra Setiawan, salah satu pembimbing JMQH, mengatakan bahwa pendaftaran dibuka selama dua hari. Hal itu diakibatkan banyaknya antusias santri yang ingin mendaftar.

Pendaftaran diselenggarakan di aula BPPM pada Jumat, 05 Juli 2019, dari pukul 8 pagi hingga menjelang sore hari. Selain pendaftaran, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan hadroh yang dibawakan oleh anggota JMQH bersama Seni Hadroh Darussalam (Senhada).

Ada 2 kelompok dalam JMQH, Pertama adalah atau Jam’iyyatul Quro’ (JMQ), yang khusus di bidang seni baca Al Quran seperti; tajwid, murattalah, hingga mujawwadah. Kedua adalah Jam’iyyatul Huffadz (JMH), yang memiliki konsentrasi di bidang hafalan Al Quran.

Berbeda dengan JMQ, JMH memiliki persyaratan khusus yaitu hafalan Quran minimal 3 juz. Hal ini dikarenakan JMH bukan merupakan kursus seperti JMQ, namun lebih dimanfaatkan untuk menjadi wadah bagi para santri yang menjaga atau menambah hafalan Al Qur’an.

“Kalau JMQ kan lebih ke kursus, jadi siapa saja boleh ikut. Kalau JMH kan bukan kursus, tapi lebih ke wadah bagi santri yang sudah hafal beberapa juz dalam Al Qur’an sehingga bisa menguatkan hafalannya lagi,” ujar Al Ustadz Muhammad Kautsar, salah satu pembimbing JMQH.

Sampai saat ini, santri yang sudah mendaftar berjumlah kurang lebih 200 orang. Jumlah tersebut bisa jadi bertambah sampai pendaftaran ditutup.

Semoga para santri Pondok Modern Darussalam Gontor dapat menjadi penjaga Al Quran dimanapun mereka berada. Sehingga, dapat menjadi mundzirul qoum yang sejati, sebagaimana dicita – cita oleh para kyai dan masyayikh PMDG. GhoziNafi.

Popular Articles