Date:

Share:

JMQ Buka Pendaftaran Anggota Baru Di BPPM

Related Articles

Pendaftaran Anggota Baru JMQGontor – Jum’at (21/7), Jam’iyyatul qurro’ (JMQ) sebagai salah satu ekstrakulikuler yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) tengah mengadakan penerimaan anggota baru untuk tahun ajaran 1438-1439 H, acara ini dimulai sejak pukul 09.00 s/d 16.30 WIB, di Aula Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan Pimpinan PMDG K.H. Hasan Abdullah Sahal sempat berkunjung serta memberikan arahan juga pujian kepada para santri-santrinya.

 

Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam mendalami ilmu agama, khususnya Al-Qur’an, dan ini merupakan kesempatan yang baik bagi mereka dalam memperbaiki bacaan  Al-Qur’annya masing-masing, karena dengan hadirnya JMQ mereka memiliki wadah yang tepat untuk mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar, adapun santri yang baru bergabung dalam JMQ, mereka akan mendapatkan pembelajaran intensif selama 2 minggu untuk mendalami 3 hal mendasar dalam membaca Al-Qur’an, yaitu Gunnah, Mad Tho’bii’, Qolqolah, lalu minggu berikutnya akan meningkat kedalam Hukum-hukum mad, murottalah, mujawwadah, dll.

JMQ hingga saat ini beranggotakan 17 orang yang terbagi kedalam dua kelompok, ada kelompok Q yang beranggotakan 16 untuk para santri yang sudah lama, dan satu orang dari kelompok A, dan insyaAllah dengan diadakannya pendaftaran anggota baru JMQ ini, akan segera lahir generasi qori’ gontor yang baru.

Dengan diadakannya acara ini, insyaAllah para santri akan termotivasi untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an, mentadaburi kandungan ayatnya. ”Yang namanya baca Quran itu paling penting, karena bacaan Quran itu kita baca ketika shalat fardu, dan salah satu rukun dari bacaan solat itu adalah benarnya membaca surat Al-Fatihah, ketika panjang pendeknya keliru, maka solat nya tidak sah, kemudian rasa tadabbur kita, kedekatan kita akan lebih meningkat lagi karena kita dapat memaknai bacaan Quran tersebut.” Tutur Al-Ustadz Muhammad Taufiq, salah satu pembimbing JMQ. rafa

Popular Articles