Date:

Share:

Jalin Kerjasama, Pimpinan PMDG Berkunjung ke Yordania

Related Articles

Kunjungan delegasi PMDG ditemani Dubes LBBP RI di Amman, Yordania
Kunjungan delegasi PMDG ditemani Dubes LBBP RI di Amman, Yordania

AMMAN–Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Hasan Abdullah Sahal, bersama Direktur Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI), K.H. Masyhudi Subari, M.A., mengadakan kunjungan ke Yordania selama lima hari, Sabtu–Rabu, 1–5 Februari 2014. Kunjungan ini diadakan dalam rangka menjalin hubungan kerja dengan beberapa universitas di negara tersebut, yaitu Yarmouk University (YU), Mu’tah University (MU), The World Islamic Science and Education University (WISEU), dan Al Al-Bayt University (AAU).

Pada kunjungan kerja ke YU yang didampingi Duta Besar (Dubes) RI di Amman, Bapak Teguh Wardoyo, kegiatan diawali dengan courtesy call rombongan kepada Rektor YU, Prof. Dr. Abdullah al-Musa. Turut hadir pada pertemuan tersebut Wakil Rektor Bidang Administrasi, Prof. Dr. Ziyad al-Kurdi, serta Wakil Rektor Bidang Akademis, Prof. Dr. Adnan Al ‘Utum.

Dalam kesempatan ini, Rektor YU menyampaikan bahwa pihak universitas akan sangat terbuka dalam menjajaki dan meningkatkan berbagai bentuk kerjasama dengan Institut Studi Islam Darussalam (ISID) maupun PMDG ke depannya. Selain dapat memberikan kontribusi kepada kedua belah pihak, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan people-to-people contact antara kedua negara. Kedua belah pihak akhirnya menyepakati penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerjasama, terutama dalam penerimaan calon mahasiswa dari PMDG yang akan mengambil berbagai program studi keislaman dan literatur Arab.

Sementara pada kunjungan ke MU, rombongan yang kembali didampingi Dubes RI ini diterima oleh Rektor MU, Prof. Dr. Ridha Syibli Al-Khawaldeh, yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis, Dr. Abdul Hamid Al-Majjaly, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Dzhofir Al-Shaaileh, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. Hussam Al-Hamaideh, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Amin Al-Butush, Direktur Hubungan Internasional, Dr. Walid Al-Rawabdeh, Kabid Urusan Mahasiswa, Dr. Sulayman Al-Sharairah, Kabag Informasi, Dr. Munir Sawazri. Rektor MU menyampaikan apresiasinya terhadap adanya keinginan kerjasama dari pihak PMDG dan akan mempelajari draf usulan MoU dari PMDG untuk selanjutnya dikomunikasikan melalui jalur korespondensi agar dapat ditandatangani pada kesempatan yang akan datang.

Selanjutnya rombongan berkesempatan meninjau berbagai fasilitas kampus serta melakukan pertemuan terpisah dengan Dekan Fakultas Syariah, khususnya guna membahas berbagai hal teknis perkuliahan.

Pada kesempatan kunjungan ke WISEU, rombongan diterima langsung oleh Rektor WISEU, Prof. Dr. Abdennaser Abu-l-Bashal dan Dr. Salah Al-Abbady, Direktur Humas. Kedua belah pihak sepakat menandatangani addendum dari MoU WISEU-ISID yang utamanya adalah menambahkan poin komitmen WISEU untuk memberikan dua beasiswa rutin tahunan tingkat S-1 bagi lulusan PMDG.

Sedangkan pada kunjungan ke AAU, rombongan diterima dengan baik oleh Wakil Rektor, Prof. Dr. Muwaffaq Al-Ammoush yang didampingi Dekan Fakultas Syariah, Dr. Ali Al-Rawahneh, Dekan Fakultas Islamic Studies, Dr. Ahmad Al-Qaraleh, Direktur Mahasiswa Asing, Dr. Abdul Halim Abu Dalwuh, serta Direktur Language Center, Dr. Omar Al-Khazaleh. Pada kesempatan tersebut dibahas mengenai berbagai mekanisme implementasi poin-poin dalam MoU yang telah ditandatangani pada tahun 2012 lalu, termasuk kemungkinan kerjasama di bidang pelatihan bahasa Arab melalui metode homestay.

Rangkaian kegiatan kunjungan rombongan selama berada di Yordania juga diisi dengan beberapa kegiatan lainnya, seperti courtesy call kepada Dubes RI, pertemuan dengan para home staff KBRI Amman, serta ceramah agama dari K.H. Hasan Abdullah Sahal kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah di shelter KBRI Amman. kbri_amman

Popular Articles