Date:

Share:

Jaga Miliu Belajar, Program “Keliling Malam” Berjalan

Related Articles

GONTOR — Demi terciptanya suasana belajar malam yang kondusif dan efektif pada masa-masa ujian santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), maka Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) mengadakan kegiatan belajar malam keliling yang dibimbing langsung oleh seluruh bapak guru KMI. Berbeda dengan hari-hari biasanya, ketika sudah memasuki masa-masa ujian, para santri diperbolehkan untuk belajar malam di luar kelas, tetapi tetap di dalam area pondok sesuai batasan yang telah ditentukan.

Sabtu malam (13/10) ba’da isya, kegiatan ini resmi dibuka oleh Bapak Pimpinan, K.H. Syamsul Hadi Abdan. Terlihat seluruh bapak guru berbaris rapi di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), menandakan keseriusan bapak guru untuk mensukseskan belajar para santri. Belajar malam keliling di area pondok ketika masa-masa ujian santri terbilang sangat efektif, santri bisa lebih leluasa menentukan pola belajar masing-masing di tempat yang memudahkan mereka untuk menghafal dan memahami pelajaran-pelajaran.

“Kedudukan bapak guru di Gontor adalah sebagai pengganti orang tua di rumah dan keberhasilan santri-santri sangat dipengaruhi oleh keseriusan guru-gur dalam membimbing dan mengawasi anak-anak.” Ujar K.H. Syamsul Hadi Abdan saat membuka kegiatan belajar malam keliling terbimbing

Dalam belajar malam keliling ini, para santri diberi kebebasan belajar di mana saja, asalkan jangan sampai ke luar area kampus Pondok Modern Darussalam Gontor. Selain itu, pada saat ”Keliling Malam” berlangsung, setiap santri tidak diperbolehkan berada di dalam kamar asrama masing-masing. Mereka wajib belajar di luar kamar dan di lantai bawah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan mencegah penyakit kantuk yang bisa datang kapan saja.

Dengan adanya program ini, Gontor berharap santri-santrinya mampu mempersiapkan diri dengan baik sebelum ‘berperang’ di ruang ujian nanti. Jika mereka telah siap lahir dan batin, mereka bisa melewatinya dengan baik dan berbuah keberhasilan. ahsy

 

 

 

 

Popular Articles