Date:

Share:

Jabatan Pelajaran Negeri Johor Melawat ke PMDG

Related Articles

Jabatan Pelajaran Negeri Johor, Malaysia Melawat ke PMDG

DARUSSALAM–Kamis (27/2) pagi, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) kedatangan tamu dari rombongan Lawatan Jabatan Pelajaran Negeri Johor, Malaysia. Lawatan ini bertujuan untuk mengobservasi tata cara pendidikan dan pengajaran bahasa Arab di PMDG. Rombongan lawatan ini berjumlah 24 orang, terdiri dari 16 orang kepala sekolah Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) Negeri Johor, 5 orang pegawai dari Jabatan Pelajaran Negeri Johor, dan 3 orang pemandu yang memimpin lawatan ini.

Lawatan ini diketuai oleh Bapak Lukmanul Hakim, salah satu pegawai di Jabatan Pelajaran Negeri Johor, Malaysia. Rombongan disambut oleh perwakilan Pimpinan Pondok, Ustadz Ahmad Saefullah, M.A. di Aula Gedung Aligarh Kampus PMDG Pusat. Dalam pertemuan tersebut, Ustadz Ahmad Saefullah, M.A. menjelaskan seluk-beluk pendidikan dan pengajaran di PMDG Pusat, khususnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.

Jabatan Pelajaran Negeri Johor, Malaysia Melawat ke PMDG2Setelah lawatan di Kampus PMDG Pusat, rombongan bertolak ke Institut Studi Islam Darussalam (ISID). Lawatan di ISID disambut oleh Ustadz Luthfi Muhyiddin, M.A., dengan didampingi beberapa orang dari staf rektorat dan mahasiswa. Dalam pertemuan ini, Ustadz Luthfi Muhyiddin, M.A. menjelaskan perihal penerapan bahasa Arab dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan akademis dan non-akademis di ISID.

Selepas pertemuan di ISID, lawatan berlanjut ke Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Pada Jum’at (28/2) pagi, rombongan disambut oleh Wakil Pengasuh Gontor Putri 1, Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A., dan Wakil Direktur, H. Ahmad Suharto, M.Pd.I. di Guest House Barat,yang terletak di samping Gedung Kuwait, Kampus Gontor Putri 1.

“Kedatangan Bapak-bapak ke sini sangatlah berarti bagi kami, bagi santri-santri, dan bagi pondok ini. Kunjungan ini menandakan bahwa kami tidak sendirian, bahwa di belahan dunia lain pun perjuangan mendidik dan membina umat terus diperjuangkan,” ucap Wakil Pengasuh, Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A., di awal sambutannya. Beliau menjelaskan banyak tentang pondok, tentang keikhlasan yang menjadi ruh di Gontor, serta tentang konsep berkah yang merupakan sebuah penghargaan dari Allah bagi orang-orang yang mau membantu dan memperjuangkan pondok dengan ikhlas, tanpa pamrih.

Malamnya, rombongan mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3. Pada pertemuan yang dilangsungkan di Guest House tersebut, salah satu anggota Badan Wakaf PMDG, K.H. M. Masruh Ahmad, M.A., M.B.A., berkesempatan untuk menyambut rombongan tamu.  Beliau didampingi oleh Ustadz Dr. H. Fairuz Subakir, M.A. dan Ustad Muhammad Abdullah Bajuri, Lc. Perbincangan yang berlangsung selama dua jam ini, yaitu mulai pukul 20.00-22.00 WIB, berjalan dengan khidmat dan penuh antusias. irba

Popular Articles