Date:

Share:

Jabal Uhud, bagian sejarah dakwah Rasulullah

Related Articles

Madinah – Tujuan berikutnya rombongan jama’ah umrah Pondok Modern Darussalam Gontor setelah mengunjungi Masjid Quba adalah Jabal Uhud. Lokasi ini merupakan tempat bersejarah dakwah Rasulullah SAW dalam syiar agama Islam. 

Uhud adalah sebuah gunung di utara Madinah dengan ketinggian 350 meter, nama Jabal Uhud begitu populer di kalangan ummat Islam karena di lembah gunung inilah pernah terjadi perang besar antara umat Islam dan tentara Quraisy. Perang yang terjadi pada 15 Syawal 3 Hijrah atau Maret 625 Masehi itu terkenal dengan nama Perang Uhud. 

Di sebelah jabal uhud ini terdapat bukit ramad, dimana pasukan pemanah yg di persiapkan Rasulullah SAW dalam peperangan Uhud. Dan dalam sejarahnya pasukan ini juga  diperintahkan agar tidak turun dari jabal ramad sebelum ada perintah dari Rasul, akan tetapi mereka tidak mengindahkan perintah Rasul dan akhirnya pasukan rasulullah dapat di pukul mundur oleh pasukan musyrikin yg di pimpin oleh Khalid bin Walid (sebelum masuk Islam). 

Tempat wisata ini memang menjadi salah satu destinasi para muslimin saat umrah maupun haji mengingat sejarah panjang dakwah islamiyah yg dilakukan Rasulullah. 

Popular Articles