Date:

Share:

ISID Gontor 6 Lahir dengan Prodi Mu’amalat

Related Articles

MAGELANG—Merupakan sebuah kesyukuran bagi seluruh asatidz Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam” Magelang dengan dicetuskannya perkuliahan baru di pondok mereka, Oktober lalu. Kampus ke-5 Institut Studi Islam Darussalam (ISID) akhirnya terwujud dengan Fakultas Syari’ah untuk program studi (prodi) Mu’amalat. Inilah prodi pertama sekaligus perintis lahirnya ISID Gontor 6 di kampus yang terletak di Jawa Tengah ini. ISID sendiri, sebelum berdirinya kampus ke-5 ini telah memiliki 4 kampus yang lokasinya berjauhan satu sama lain. Keempat kampus itu adalah Kampus Gontor 1, Kampus Siman, Kampus Mantingan dan Kampus Kediri. Dengan adanya kampus baru di Magelang ini, ISID terlihat semakin dinamis mengembangkan sayapnya demi mencetak kader-kader umat di masa depan. 

Tepatnya, kampus ISID yang baru ini terletak di Gedung Gaza, Pondok Modern Gontor 6, dengan dilengkapi perpustakaan beserta koleksi buku-bukunya dalam bidang ekonomi. Mahasiswanya berjumlah 79 orang yang seluruhnya merupakan guru-guru Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam” Magelang. Merekalah mahasiswa perdana yang mengisi Gedung Gaza di mana para dosen Syari’ah menyampaikan materi-materi perkuliahan.  

Setelah sepekan menjalani Orentasi Progam Studi dan Pengenalan Kampus (OPSPEK), mereka pun dilantik secara resmi sebagai mahasiswa baru dalam acara Inaugurasi Mahasiswa Baru ISID Periode 1430, Senin (12/10) silam, bertempat di aula Gedung Pakistan Gontor 6. Selaku pembantu rector (purek) 1 ISID, K.H. Imam Subakir Ahmad mengesahkan mereka sebagai mahasiswa perintis Kampus Gontor 6. Acara bersejarah ini disaksikan pengasuh Pondok Moder Gontor 6, Ustadz H. Muhammad Syuja’i, BA, guru-guru senior Pondok Modern Gontor 6 dan dosen-dosen dari beberapa universitas di Yogyakarta yang nantinya akan mengajar mereka.

“Sebenarnya, Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor telah menganjurkan kepada rektor dan para dekan ISID untuk membangun perkuliahan di kampus Pondok Modern Gontor 6 sejak tahun 2005. Tapi, dikarenakan jarak kampus yang lumayan jauh dan minimnya jumlah dosen yang dibutuhkan, proses pelaksanaan pembangunan perkuliahan pun menjadi terhambat. Namun, alhamdulillah akhirnya keinginan tersebut dapat terwujud pada tahun ini,” ujar K.H. Imam Subakir Ahmad dalam sambutannya ketika acara inaugurasi, Senin (12/10) sore.

Setelah inaugurasi mahasiswa baru, perkuliahan aktif dan berjalan lancar. Materi perkuliahan meliputi Studi Manajemen Islam yang diampu Drs. H. Y. Suyoto Arief, Ilmu Tafsir diampu Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag., Pengantar Ilmu Ekonomi oleh Windu Baskoro, S.E., M.M., kemudian materi Sejarah Peradaban Islam disampaikan H. Anang Rikza Mashadi, Filsafat Umum oleh Dr. H. Sarmawi Munthe, M.A., materi Bahasa Arab diampu oleh H. Yarin Rahmat, Lc. M.Ag., Ulumul Qur’an disampaikan oleh Dr. A. Mahfudz Masduki, M.A., untuk materi Bahasa Indonesia disampaikan Daniar Siahaan, S.H.I. dan materi Bahasa Inggris diampu oleh Eko Nur Cahyo, S.H.I. Terakhir, materi Ulumul Hadits oleh Dr. Zuhad Masduki, M.A.
 

Popular Articles