Date:

Share:

Ikhlaskan dalam Berjihad, Kamu akan Beruntung

Related Articles

Bapak-bapak guru, para asatidz sekalian
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salah satu faktor keberhasilan para santri dalam proses belajarnya adalah adanya perhatian dari para ustadz. Semakin besar perhatian ustadz kepada santrinya, semakin besar pula kesempatan santri untuk berhasil.
Pondok ini selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada para santri dan ustadz. Dengan sistem asrama seperti ini, sangat memungkinkan bagi ustadz untuk mengawasi para santrinya secara langsung, selama dua puluh empat jam. Sehingga perhatian ustadz terhadap anak didiknya tidak tercurah hanya saat di kelas saja, namun sehari penuh, mulai bangun tidur hingga bangun.
Memasuki masa ujian seperti ini, belajar pada malam hari tidak lagi dilaksanakan di kelas-kelas, melainkan di sekitaran komplek pondok secara bebas. Para santri dibebaskan untuk mencari tempat yang nyaman untuk belajar. Diharapkan dengan metode tersebut, para santri dapat menemukan suasana dan cara belajar yang sesuai dengan kapasitas masing-masing. Namun di sisi lain, masih ada beberapa santri yang lalai. Di antaranya ada yang mengantuk, melamun, bercanda, bercerita dengan temannya, dan lain sebagainya. Di sinilah para ustadz berperan sebagai pengawal dan pengawas.
Di masa-masa menjelang ujian seperti ini, seluruh perhatian para ustadz harus terfokus kepada santri. Para santri butuh untuk selalu diperhatikan, dibimbing, diingatkan, ditanyai, diuji, dinasihati, diarahkan, dievaluasi, dan terus ditingkatkan.
Gontor telah memulai kegiatan seperti ini sejak berdirinya pada tahun 1926. Pak Zar selalu menunggui santri kelas enam belajar di BPPM. Maka, nilai pendidikan yang seperti ini harus diberdayakan dan harus dilestarikan.
Walaupun para ustadz juga disibukkan dengan berbagai urusannya, baik pribadi maupun non-pribadi, kegiatan berkeliling mengawasi santri dalam belajar justru akan menjadi wasilah menuju ridha Allah. Karena inilah berkah pondok tercinta. Dengan niat ikhlas Lillah Ta’ala, dengan niat berjihad di jalan Allah, Allah akan membalas dengan balasan yang setimpal bahkan lebih. Farouq

Disampaikan oleh K.H. Syamsul Hadi Abdan pada Pembukaan Keliling Belajar Malam. BPPM, Sabtu, 14 November 2015

Popular Articles