Date:

Share:

Idul Adha, Momen untuk Mengembalikan Kesucian Hati

Related Articles

MANTINGAN – Kamis, 4 Oktober 2014, Gontor Putri 1 melaksanakan shalat Idul Adha. Shalat dilaksanakan pkul 06.00 waktu setempat, bertempat di depan Auditorium Gontor Putri 1. Dengan imam Al-Ustadz Fairuz Subakir Ahmad dan Khatib Al-Ustadz Nur Hadi ihsan. Dalam khutbahnya disampaikan tentang dasar dan nilai dari perayaan Idul Adha.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di depan Auditorium Gontor Putri 1, Sabtu (4/10) lalu.
Pelaksanaan shalat Idul Adha di depan Auditorium Gontor Putri 1, Sabtu (4/10) lalu.

Dalam perayaan idul adha terdapat dua ibadah yang agung, ibadah qurban dan ibadah haji. Kedua bentuk ibadah ini disebutkan dalam al-Quran sebagai media syiar agama islam, barang siapa yang mengerjakan ibadah qurban dan haji, cukup menjadi bukti ketakwaan seorang hamba terhadap Allah SWT. Bentuk ibadah qurban adalah suatu media untuk kembali menjadi  fitrah, kembali kepada Allah SWT dan mendekatkan diri kepada Allah. Barang siapa yang mendekatkan dirinya kepada Allah, dengan sepenuh hati  dan ikhlas maka ia telah mencapai  derajat tinggi.

Fitrah manusia adalah berkorban, tanpa bekorban hidup tidak bermakna. Sesuatu yang dikorbankan adalah sesuatu yang baik dan terbaik  seperti  harta kekayaan, istri dan kedudukan. Di sinilah besar nilai keikhlasan dan ketakwaan seseorang dapat diukur, semakin berharga sesuatu yang ia korbankan, maka semakin besar pula ketakwaannya. Seperti yang dicontohkan oleh Trimurti pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor dengan penuh pengorbanan dan perjuangan dapat melahirkan Pondok Modern Darussalam seperti saat ini. pusdatGP1

Popular Articles