Date:

Share:

HTQ Tumbuhkan Rasa Cinta Al-Qur’an Dalam Diri Santri

Related Articles

DARUSSALAM- Selain mengadakan kegiatan di bidang olahraga, seni, maupun ilmu pengetahuan, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) juga mengadakan kegiatan dalam bidang keislaman. Kegiatan yang dimaksud adalah Haflah Tilawatil Qur’an (HTQ) yang ke 21. HTQ sendiri merupakan media menumbuhkan kecintaan para santri dengan Al-Qur’an melalui perlombaan-perlomban yang identik dengan Al-Qur’an seperti: Murottalah, Mujawwadah, Adzan, Khat, Syarhil Qur’an, Fahmil Quran, dan juga Tahfidzul Qur’an.

Peserta lomba cabang Mujawwadah pada HTQ ke 21.

HTQ sendiri dipanitiai oleh para santri yang merupakan anggota instansi Jam’iyyatul Qurra’ (JMQ) dan Jam’iyyatul Huffadz (JMH) , serta dibantu oleh para pembimbing kedua instansi tersebut. Rentetan kegiatan HTQ telah berlangsung sejak sepekan yang lalu, dan  acara puncak kegiatan HTQ diadakan pada hari Kamis (10/11) pukul 20.15 di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Malam puncak HTQ turut dihadiri oleh Pimpinan PMDG, dan turut hadir juga Al-Ustadz H. Farid Sulisyto, Lc. yang membuka secara seremonial malam puncak HTQ ke 21 tersebut. Selepasnya, para finalis dari masing-masing cabang perlombaan secara bergantian akan diuji oleh dewan juri untuk nantinya dinilai dan dapat diputuskan siapa yang keluar sebagai pemenang.

Pembacaan hasil akhir sekaligus pemenang lomba HTQ oleh Dewan Juri.

Di akhir, para dewan juri membacakan nama-nama peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang dari tiap-tiap cabang perlombaan HTQ ke 21. Adapun pemenang dari lomba-lomba tersebut adalah:

Cabang Lomba

Nama Pemenang Kelas

Rayon

Mujawwadah

Zidan Ahmad 3 Int D

Yaman

Murottalah

Muhammad Nakhwan 3 Int E

Saudi 1 Lantai 3

Hifdzul Qur’an

Zayyan Kahar 3-C

Indonesia 2

Khat Riq’ah

Ilham Satya 5-R

Saudi 3 Lantai 2

Khat I’tidaiyah

Fajrul Alfan Azkia 3-O

Indonesia 1

Adzan

Riffat Akmal 2-B

Indonesia 1

Fahmil Qur’an

Hasby Al-Hapidz 4-F Saudi 3 Lantai 3

Ilham Mu’iz

3 Int B

Adib Fahman Farah

4-B

Syarhil Qur’an

Ukasyah Abdulloh

3 Int E

Nin-Xia

Rizky Kurnia

3 Int B

Syauqi As-Syazali

3 Int B

 

Pimpinan PMDG bersama para pemenang lomba HTQ ke 21.

Dengan adanya HTQ, para santri diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam kepada kitab suci Al-Qur’anul Karim yang merupakan pedoman umat Islam, sehingga para santri akan selalu menyertakan Al-Qur’an dalam segala aspek kehidupan, dan selalu berpegang teguh dengan isi kandungan Al-Qur’an yang senantiasa mengiring manusia ke jalan yang benar.

(Berita: Mahadi, Foto: Rayza, Editor: Husain, Review: Riza Ashari).

HTQ : Sebaik-baiknya Kalian Adalah Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya

Ciptakan Pemimpin Berjiwa Qur’ani Dari HTQ

HTQ XVI Ditutup, Rayon Wisma Hadi Raih Banyak Piala di Berbagai Perlombaan

Popular Articles