Date:

Share:

HTQ : Sebaik-baiknya Kalian Adalah Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya

Related Articles

Perfotoan bagi pemenang dalam perlombaan HTQ
Perfotoan para pemenang dalam perlombaan HTQ ke XVIII

 

DARUSSALAM – Haflatu Tilawatil Qur’an (HTQ) yang ke XVIII kembali diselenggarakan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara ini dimulai sejak Jum’at (29/11) dan ditutup pada Kamis (12/12) malam. Acara HTQ ini di dalamnya terdiri dari beberapa kategori perlombaan; yaitu kategori mujawwadah, murattalah, adzan, fahmul qur’an, syarhul qur’an, hifdzul qur’an, dan yang terakhir adalah khat. Untuk para peserta diambil dari santri-santri utusan setiap rayon se-Darussalam.

 

Acara puncak HTQ yang diadakan di Aula Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) menampilkan perlombaan final dari beberapa kategori yaitu mujawwadah, murattalah, dan hifdzil qur’an. Acara ini dihadiri oleh Bapak Pimpinan PMDG KH. Hasan Abdullah Sahal, wakil direktur Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) Al-Ustadz H.Farid Sulistyo, Lc., Beberapa guru senior, dan juga santri baru PMDG.

 

Acara yang dimulai setelah shalat isya ini dibuka oleh Al-Ustadz Saidil Yusron, Lc. mewakili Bapak Pimpinan PMDG. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan tentang pentingnya menjadi generasi yang mempelajari bahkan mengajarkan Al-Qur’an kepada sesama muslim. “Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya,” ujar beliau. Selain itu beliau juga berpesan agar kita selalu memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan Al-Qur’an, mulai dari bacaan, hafalan hingga pemahamannya. Sehingga dengan demikian, santri bisa termasuk ke dalam golongan orang-orang seperti yang tersebut dalam hadits yang telah disampaikan tadi.

 

Setelah seluruh rentetan lomba final tersebut, acara pada malam hari itu dilanjutkan dengan pembacaan hasil pemenang dan pembagian hadiah. Para pemenang yang dibacakan oleh dewan juri dipersilahkan untuk naik ke panggung, dan hadiah yang berupa piala tersebut diserahkan langsung oleh Bapak Pimpinan PMDG, KH. Hasan Abdullah Sahal.Mahrus

 

Berikut adalah nama-nama juara lomba HTQ ke-XVIII :

 

A. Kategori Mujawwadah

  1. Brilliant 1-B GBS
  2. Ammar 4-L Saudi 3 lt 2
  3. M Iqbal Habib 3 Int K Saudi 3 lt 2

 

B. Kategori Murattalah

  1. Fajar Maulana 2-B Syiria 4
  2. Andhika Rizaldi 3 Int C Saudi 1 lt 3
  3. M Azka Ridho 1-C GBS

 

C. Kategori Hifdzul Qur’an

  1. Abdul Azis 3 Int C Saudi 1 lt 3
  2. Muhammad Arif 1 Int B GBK
  3. Maulana Husain 3-B Indonesia 1 lt 2

 

D. Kategori Adzan

  1. Dzulqarnain 3 Int D Saudi 3 lt 3
  2. Farel Andhika 2-K Indonesia 3
  3. Idul Adha 1 Int D GBK

 

E. Kategori Fahmul Qur’an

  1. Juara 1 Saudi 1 lt 2
  2. Juara 2 GBK
  3. Juara 3 Syiria 3

 

F. Kategori Syarhul Qur’an

  1. Juara 1 GBK
  2. Juara 2 Saudi 3 lt 2
  3. Juara 3 Indonesia 4

 

G. Kategori Khat I’tiyadiyah

  1. M Hasyim Abbas 4-E
  2. Yusuf Elang 1 Int I
  3. Harist Musthofa 3 Int B

 

H. Kategori Khat Riq’ah

  1. M Al-Ghani Aziz 2-O
  2. M Hasyim Abbas 4-F
  3. Yusuf Elang 1 Int I

Popular Articles