Date:

Share:

HTQ Cetak Generasi Qur’ani

Related Articles

GONTOR–Haflatu Tilawati al-Qur’an (HTQ) merupakan acara rutin di Pondok Modern Darussalam Gontor yang dilaksanakan satu kali dalam setahun. Acara ini diadakan dengan tujuan mencetak generasi qur’ani, sekaligus menanamkan semangat kepada santri untuk selalu belajar membaca al-Qu’ran dan mengamalkannya. Dinamika Gontor yang didesain sedemikian rupa tidak terlepas dari tujuan tersebut. Upaya itu terlihat dalam aktivitas santri seusai shalat lima waktu dengan membaca al-Qur’an. Oleh karena itu, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor selalu mengungkapkan hadis “khairukum man ta ‘allama al-qur’āna wa ‘allamahu” dalam setiap kesempatan.

Acara ini dibuka oleh Ustadz H. Syarif Abadi pada Kamis (5/2) malam. Beliau sangat mengapresiasi acara tersebut. Ustadz Syarif menuturkan, “Al-Qur’an telah menyinari dunia dan dengan cahayanya bergerak menyejukkan hati, dan bagi yang cinta terhadap al-Qur’an serta mengamalkannya, maka mereka termasuk ahli surga.”

Adapun lomba yang ada dalam HTQ ini meliputi Mujawwadah, Murattalah, Hifdzu al-Qur’an, Adzan, Kaligrafi, Syarhu al-Qur’an, dan Fahmu al-Qur’an. Para pemenangnya: Juara 1 Mujawwadah, Taufiq Hidayat (1 Int M); Juara 2, M. Zidan T; Juara 3, Wahyu Istalama (3 Int F); Juara 1 Murattalah, Ahmad Muaz (1 Int H); Juara 2, M. Irham (1 H); Juara 3, M. Irfan Faruq (1 Int H); Juara Adzan, Lalu Dhika (3 Int G); Juara Kaligrafi, Muhammad Fikri (1 Int G); Juara Syarhu al-Qur’an, Rayon Palestina; dan Juara Fahmu al-Qur’an, Rayon Saudi 1 lantai 2.

Peran para santri yang mengikuti haflah ini sangat penting sekali. Gontor berharap mereka bisa meningkatkan prestasi dan mengamalkan ilmu yang didapat untuk masyarakat kelak. fuadfahmi

 

Popular Articles