Date:

Share:

Hot Spot Area Fasilitasi Mahasiswa ISID

Related Articles

KAMPUS HIJAU—Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Kampus Baru Siman kini telah memiliki Hot Spot sendiri. Fasilitas internet ini diberikan kepada mahasiswa ISID untuk menunjang proses belajar mereka di Kampus Baru Siman. Hal ini disampaikan Ustadz Elvan Syaputra selaku penanggung jawab jaringan internet di Kampus Baru Siman, Jum’at (11/12). Menurutnya, dengan fasilitas intenet ini, mahasiswa ISID memiliki media penunjang guna mempermudah para mahasiswa dalam mengakses pengetahuan-pengetahuan dan pendidikan ataupun informasi lainnya baik dari blog, situs pribadi maupun situs pendidikan secara up to date.



Ide pengadaan Hot Spot, menurut Ustadz Elvan, telah muncul sejak tahun 2006 silam. Namun, keinginan ini belum dapat direalisasikan karena sebab-sebab tertentu terkait peraturan kepemilikan laptop dan komputer. Hal ini dapat diwujudkan setelah adanya legalisasi laptop dan komputer bagi mahasiswa dari Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A. M.Phil., pembantu rektor (purek) III ISID dua tahun kemudian.

Setelah adanya jaringan Hot Spot ini, para mahasiswa beramai-ramai membawa laptop yang hingga saat ini terhitung mencapai lebih dari 68 laptop. Dampaknya, jumlah pengguna laboratorium komputer pun semakin menurun. Meskipun begitu, hal ini dapat diimbangi dengan dampak positif yang ada. Yaitu, mempermudah mahasiswa dalam mengakses internet untuk kelancaran kuliah mereka.

Menurut penuturan Ustadz Elvan, sebelum terdapat fasilitas Hot Spot ini, 50% dari jumlah mahasiswa yang ada pergi ke warnet untuk mencari informasi yang diinginkan. Di samping itu, nilai positif yang lainnya dari adanya fasilitas ini adalah mempermudah mahasiswa berhubungan dengan para dosen, baik untuk mengirimkan tugas lewat e-mail ataupun chatting dengan dosen yang berada di luar kampus. selain itu, wawasan mahasiswa semakin bertambah dengan adanya program ini. Tanggapan dari dosen sendiri amat apresiatif. Memang, kebanyakan dosen sangat mengharapkan kehadiran program ini sejak dulu.

Popular Articles