Date:

Share:

“Himne Oh Pondokku”, Untaian Nada Beribu Makna

Related Articles

GONTOR—Pekan Perkenalan Khutbatu-l-‘Arsy tengah berjalan. Seluruh keluarga besar PMDG mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan penyelenggaraan rentetan acara tersebut dengan seksama. Para santri baru hanya diperbolehkan untuk menjadi penonton pada beberapa acara PKA, agar mereka dapat mengamati dan memahami secara lebih mendalam apa dan bagaimana Pondok Modern mendidik para santri-santrinya. Sedangkan santri lama, sudah mulai berkreasi dengan bidang yang dimiliki masing-masing. Mengasah minat dan bakat dalam beberapa acara yang menjadi sarana eksplorasi kemampuan diri.

Salah satu kegiatan yang sangat penting dan selalu diadakan menjelang Apel Tahunan PKA adalah latihan menyanyikan “Himne Oh Pondokku”. Acara ini diikuti oleh seluruh santri PMDG, baik yang baru maupun yang lama. Tahun ini, latihan bersama diadakan selama 3 hari, dimulai dari hari Sabtu (14/7) hingga hari Senin (16/7) bertempat di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM). Para santri baru yang sudah diajari lagu ini secara khusus di dalam kelas selama 4 hari, digembleng kembali  untuk bisa menyanyikan lagu ini dengan benar sesuai iringan musik. Santri lamapun juga diingatkan kembali tentang cara dan sikap dalam menyanyikan lagu wajib Pondok Modern ini.

 Selain diajarkan untuk menyanyikan lagu “Himne Oh Pondokku”, para santri juga diingatkan kembali bagaimana menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Satya Darma Pramuka dengan benar. Hal ini dilaksanakan, karena dalam setiap perkumpulan resmi di Gontor, pasti diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan dan Himne Oh Pondokku.

“Himne Oh Pondokku” merupakan sebuah lagu yang menjadi ikon Pondok Modern. Tidak hanya Gontor, akan tetapi banyak Pondok Modern lainnya yang menjadikan lagu ini menjadi lagu yang wajib dinyanyikan dalam acara-acara resmi pondok. Bagi mereka yang pernah tinggal di Gontor, pasti akan tersentuh, bahkan tak jarang meneteskan air mata, saat menyanyikan lagu ini dalam beberapa acara. Selain karena nada dan musik yang menyentuh, makna dari liriknya juga sangat luar biasa dalam.brada

Popular Articles