Date:

Share:

HES Unida Gontor Sambangi KJKS Walaba Kediri

Related Articles

Ustadz Muqarrabin, Kaprodi HES menyerahkan cinderamata kepada Ustadz Nuruddin Umar
Ustadz Muqarrabin, Kaprodi HES menyerahkan cinderamata kepada Ustadz Nuruddin Umar

Kediri-Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) Semester 8 Universitas Darussalam Gontor mengadakan PPL (Praktik Pengayaan Lapangan) di Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS) Walaba, Kediri. Berjumlah 9 mahasiswa dan dimulai tanggal 25 Desember s.d. 1 Desember 2017. Pihak KJKS Walaba menyambut hangat acara PPL ini.

KJKS ini dipimpin oleh Al-Ustadz Nuruddin Umar dan ibu Siti Aminah Rahman. Pada awal berdirinya koperasi ini beranggotakan 21 orang. Dengan modal pas-pasan beliau memulai KJKS ini. Saat itu keuangan nasional tahun 2004 tercatat yang syar’i hanya 1,7 %. Bagaimana bisa negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia ini mayoritas masih menggunakan ekonomi ribawi. Inilah yang menjadi motivasi para anggota koperasi untuk menjalankan usaha ini.

“Kami ingin selamatkan umat dari riba,” jelas Ustadz Nuruddin pada silaturrahim pertama hari Senin (25/12) setelah maghrib di kediaman beliau. Ini termasuk jihad, tambah beliau, bentuknya jihad amwal (jihad dengan harta) seperti yang termaktub pada surah Al-Hujurat ayat 15, belum sempurna kalau cuma sampai jihad anfus (jihad dengan jiwa dan raga) saja, harus juga dibarengi jihad amwal.

Dengan adanya KJKS ini masyarakat sekitar terbantu. Salah satunya, ada nasabah yang memulai usahanya dengan menjual buah. Dimulai tahun 2008 KJKS meminjamkan modal sebesar 6,5 juta lalu sekarang nasabah ini sukses dan sudah memiliki aset rumah, mobil keluarga, dan 2 mobil untuk operasional. AaRum

Popular Articles