Date:

Share:

GP 3 Gelar Tarbiyah Amaliyah Perdana

Related Articles

KARANGBANYU — Secara merata, hampir seluruh Pondok Cabang telah melaksanakan Tarbiyah Amaliyah yang diawali dengan pembekalan dan Tarbiyah Amaliyah perdana. Demikian pula halnya dengan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri (GP) 3 yang berlokasi di Karangbanyu, Widodaren, Ngawi. Pondok Modern Darussalam GP 3 telah menggelar Tarbiyah Amaliyah perdana, Senin (17/5) kemarin. Pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah perdana berlangsung di Auditorium yang baru saja diresmikan Badan Wakaf dan Pimpinan Pondok sehari sebelumnya, Ahad (16/5) lalu.

Tarbiyah Amaliyah perdana sendiri merupakan acuan pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah berikutnya. Biasanya, Direktur KMI menentukan beberapa siswi sebagai pengajar praktek pada Tarbiyah Amaliyah perdana dari seluruh siswi kelas 6 KMI. Pada saat mereka mengajar, siswi lainnya memperhatikan dan menilai cara mengajar siswi yang bersangkutan. Setelah praktek selesai, guru pembimbing akan mengarahkan mereka tata cara mengajar yang benar dengan mengevaluasi pengajar praktek pada Tarbiyah Amaliyah perdana. Sehingga, pada Tarbiyah Amaliyah berikutnya tidak terjadi lagi kesalahan dalam mengajar.

Sebelum Tarbiyah Amaliyah perdana digelar, seluruh siswi kelas 6 KMI yang tahun ini jumlahnya mencapai 210 siswi diharuskan mengikuti pembekalan terlebih dahulu. Pembekalan Tarbiyah Amaliyah berlangsung selama dua hari berturut-turut, Rabu-Kamis, 12-13 Mei lalu. Pembekalan disampaikan Pimpinan Pondok, KH. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag., Direktur KMI, KH. Masyhudi Subari, MA. dan Pengasuh Pondok Modern Darussalam GP 3, Ustadz H. Muhammad Hudaya, Lc. M.Ag.

Sedangkan pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah sendiri akan berlangsung selama tujuh hari berturut-turut, dimulai sejak Rabu (19/5) lalu dan direncanakan selesai pada hari Selasa (25/5) mendatang. Dengan adanya pembekalan ini, seluruh siswi kelas 6 sudah mengetahui cara mengajar yang benar, sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan fatal pada saat mereka melaksanakan praktek. Walaupun demikian, setiap siswi dalam kelompok akan berusaha menemukan kesalahan temannya yang melaksanakan praktek mengajar.

Pelaksanaan Tarbiyah Amaliyah perdana di Pondok Modern Darussalam GP 3 digelar untuk pertama kalinya. Demikian juga halnya dengan pengarahan dan pembekalan Tarbiyah Amaliyah. Pada tahun sebelumnya, mereka mengikuti pengarahan dan pembekalan sekaligus Tarbiyah Amaliyah perdana di Pondok Modern Darussalam GP 1. Sementara  itu, satu-satunya siswi kelas 6 KMI GP 3 yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengajar pada Tarbiyah Amaliyah perdana di GP 3 tahun ini adalah Ratri Nugraheni (6-B) dari Konsulat Sumatera.

Adapun jumlah kelompok Tarbiyah Amaliyah tahun ini sebanyak 21 kelompok yang terdiri dari 10 siswi. Sedangkan jumlah guru pembimbing yang terlibat dalam kegiatan praktek mengajar ini berjumlah 55 guru pembimbing. Selanjutnya, setiap siswi dalam tiap-tiap kelompok akan mendapatkan giliran praktek mengajar sesuai dengan pelajaran yang mereka pilih.





Popular Articles