Date:

Share:

Gontor: Satukan Santrinya dengan Demonstrasi Bahasa dan Rebana

Related Articles

 

 DARUSSALAM– Demonstrasi Bahasa dan Rebana adalah salah satu acara dari rentetan kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-Arsy (PPKA), yang merupakan orientasi untuk mengenalkan pondok kepada santri baru dan menanamkan pemahaman kepada santri-santri lama. Pada hari senin (13/07) malam, acara Demonstrasi Bahasa dan Rebana dilaksanakan di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Acara dimulai pada jam 20:00 WIB dengan pembukaan dari pembawa acara, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian pembawaan sambutan dari ketua panitia acara. Dalam sambutannya, ketua acara mewakili seluruh panitia yang ada mengahaturkan ungkapan rasa syukur dan terima kasih mereka kepada Pimpinan Pondok serta dewan guru, karena telah mendapatkan banyak pendidikan dan pembelajaran khususnya melalui acara ini.

Selanjutnya acara disambung dengan sambutan dari Al-Ustadz Risvi Syarif, ST. selaku yang mewakili Pimpinan Pondok. Beliau menyampaikan kepada seluruh santri yang hadir di ruangan itu agar saling mengenal satu sama lain walau berbeda suku, bangsa, bahkan negara, karena perbedaan bentuk, wajah dan warna merupakan suatu karunia dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT.

“Kalian disini untuk saling mengenal satu sama lain. Kalian berbeda warna kulit, wajah, bahkan bentuk postur; ini menunjukan bahwa Allah Maha Kreatif. Kalau buah hanya ada satu bentuknya, rasanya itu tidak akan enak, karena itulah Allah menciptakan perbedaan dari bentuknya.”tegas beliau dalam sambutannya. Setelah menyampaikan sambutan, beliau kemudian membuka acara secara simbolis dengan memukul gong.

Kemudian acara dilanjutkan ke inti acara yaitu Demonstrasi Bahasa dari para peserta. Adapun para peserta diambil dari beberapa konsulat yang telah lolos seleksi, dengan jumlah semuanya adalah 6 peserta; yaitu Faqih Tamimi kelas 4-D dari konsulat Banustra, Rayya Akmal kelas 4-I dari konsulat Kalimantan, Deny kelas 3 intensif I dari konsulat Pekalongan, Rifqi Ardei 3 intensif E dari konsulat Luar Negeri (tepatnya Thailand), Ahmad Luthfi kelas 3 intensif H dari konsulat Sumalia, serta Asrofi kelas 4-F dari daerah Palembang.

Adapun untuk penampilan rebana dimainkan di sela-sela acara, setelah demonstrasi dari 2 orang peserta. Lalu acara disambung dengan penampilan dari panitia acara sekaligus sebagai acara penutup untuk acara Demonstrasi Bahasa ini, mereka menampilkan drama musikal sebagai penyambung dari drama di acara Poetry Reading pada Senin (13/07) kemarin, sebelum kemudian ditutup dengan pembawa acara.Dinulcahya

Popular Articles