Date:

Share:

Gontor Raih Juara dalam Festival Kaligrafi Islam ASEAN

Related Articles

Jombang–Menyambut datangnya Hari Nasional Santri (HNS), Ahmad Atho’illah selaku Ketua Panitia Peringatan HSN 2017 (penggagas metode Hamidi pertama di Indonesia) di bawah bimbingan Research Centre For Islamic History, Art and Culture (IRCICA), Turki mengadakan Pameran dan Festival Kaligrafi Islam ASEAN di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang. Acara yang diselenggarakan selama 5 hari ini (14-17 September 2017) diikuti oleh 120 peserta dari berbagai Negara ASEAN, dan Timur Tengah yang memamerkan puluhan karya kaligrafinya masing-masing. Mulai dari Indonesia, Singapore, Malaysia, China, Thailand, Turki, Mesir, hingga Maroko.

Acara ini menghadirkan Syeikh Belaid Hamidi, Dr. Halit Eren, Syeikh Dr. Abdullah Abdu Fatini, Syeikh Hasan Salabi dan beberapa tokoh khottot Internasional yang datang dari Maroko, Turki, dan Mesir. Para peserta yang hadir pada acara tersebut, tidak hanya memamerkan karya seni kaligrafi yang mereka miliki saja, melainkan mereka juga mendapatkan pembekalan kaligrafi melalui seminar-seminar yang diisi langsung oleh para khottot Internasional. Berikut seminar-seminar yang diselenggarakan : 1. Pembuatan Ibru oleh Al-Ustadz ‘Alim Gema Alamsyah (Alumni Gontor 2001 yang pernah meraih juara 2 Khot Maghribi pada Kompetisi Kaligrafi Internasional ke-9 di Turki tahun 2013), 2. Manhaj Hamidi oleh Syeikh Belaid Hamidi (Penggagas Metode Hamidi juga Kaligrafer Kerajaan Maroko), 3. Muhadhoroh Khot oleh Dr. Halit Eren (Direktur Jendral IRCICA tahun 2005), 4. Khot Kufi, dan 5. Marosim Ijazah.

Sebagai pembuka acara, panitia membacakan nama-nama pemenang Lomba Kaligrafi Khot Riq’ah dan Diwani bagi para peserta yang telah mengirimkan karyanya jauh hari sebelum acara ini diselenggarakan. Al-Ustadz Abdullah Mukhtar Syafi’i selaku Pembimbing Markaz Khot Gontor berhasil meraih Juara 1 pada Khot Riq’ah juga Khot Diwani, disusul oleh para peserta lainnya di posisi 2 dan 3. Beberapa asatidz pembimbing markaz khot beserta anggotanya juga turut hadir mengikuti seminar-seminar yang diadakan kala itu, mereka adalah Al-Ustadz Muhammad Nur, Lc., Al-Ustadz Anggo Triyono, S.Pd.I., Al-Ustadz Akmal Firdaus, Muhammad Yusuf kelas 6D, A. Baihaqi Adam kelas 6D dll. Disamping itu mereka juga turut meramaikan acara ini dengan pameran beberapa karya seni kaligrafi Markaz Khot hingga acara usia. rosikh

Popular Articles